Pengaruh Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Minat Pembiayaan BPKB Motor di PT Nusa Surya Ciptadana Purwakarta
Abstract
Sebagian diantaranya memanfaatkan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) sepeda motor untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan dari perusahaan leasing. Hal ini terlihat dari minat konsumen terhadap pembiayaan multiguna di Indonesia lebih besar dibandingkan dengan jenis kegiatan usaha pembiayaan lainnya. Adapun jumlah kontrak di NSC Finance Purwakarta terdapat kenaikan dan penurunan pada setiap tahunnya. Hal ini tidak terlepas dari peran perilaku konsumen. NSC Finance Purwakarta memiliki konsumen konsumen muslim hampir 95% konsumen yang tertarik dengan praktik pembiayaan BPKB Motor di lembaga konvensional. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Minat Pembiayaan BPKB Motor di PT Nusa Surya Ciptadana Purwakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah konsumen muslim NSC Finance Purwakarta sebanyak 536 konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 90 konsumen. Hasil penelitian ini dihasilkan analisis uji t thitung sebesar 8.971 > ttabel sebesar 1.662 dengan nilai probabilitas sebesar < 0.001, berarti lebih kecil dari 0.05, maka H1 diterima, artinya variabel X (Perilaku Konsumen Muslim) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Minat) pembiayaan BPKB Motor di PT Nusa Surya Ciptadana Purwakarta. Selanjutnya hasil analisis uji determinasi (R Square) didapatkan nilai sebesar 0.478 atau 47.8%. Dengan demikian besarnya pengaruh variabel perilaku konsumen muslim (X) terhadap variabel minat (Y) pembiayaan BPKB motor di PT Nusa Surya Ciptadana Purwakarta sebesar 47.8%. Sedangkan sisanya sebesar 52.2% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti karena keterbatasan penelitian ini.
References
Afriani, Fira. “Analisis Pengaruh Motivasi KKonsumen, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Binntang Kharisma Jaya Motor Makassar,” 2017.
Aisya, Alya R. Mengenal Bisnis Pembiayaan (Leasing). Tasikmalaya: Riraz Publishing, 2012.
Cordova. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: CV. Syamil Al-Quran, 2012.
Hermawan, Asep, and Husna Leila Yusran. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Pertama. Jakarta: Kencana, 2017.
Hesty, Devi Kumala, and Tri Widyasari. “Pengaruh Motivasi Dan Perilaku Terhadap Minat Konsumen Meminjam Dana Tunai Di PT. Kresna Reksa Finance Cabang Samarinda Seberang.” Cendikia 2, no. 2 (2019): 135–144.
Hilman, Rifki Suja. “Ekonomi Islam Sebagai Solusi Krisis Ekonomi.” Falah: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2017): 117–130.
Irawan, Hendra. “Wawancara Tentang Konsumen NSC Finance Purwakarta,” 2022.
Kreshna Reza, Heru, Melly Susanti, Meiffa Herfianti, Sabri, Dennis Rydarto Tambunan, Nirta Vera Yustanti, and Rina Trisna Yanti. Perilaku Konsumen. Edited by Joniswan and Dhimas Abimanyu Suhendra. Edisi 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.
Kurniati. “Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia VI, no. 1979 (2016): 45–52.
Listyoningrum, Anggit. “Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya.” Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam 2, no. 1 (2012): 40–51.
Nur Zaroni, Akhmad. “Landasan Filosofis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dan Konvensional.” Jurnal STAIN Samarinda 18, no. 2 (2006): 55–68.
Septyadi, Muhammad Abdul Kohar, Mukhayati Salamah, and Siti Nujiyatillah. “Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi.” JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2022): 301–313.
Setiadi, Nugroho J. PERILAKU KONSUMEN: Perspektif Kontemporer Pada Motif Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PT Khharisma Putra Utama, 2013.
Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsuen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Cetakan ke. Jakarta: Kencana Pranada Media Group, 2013.
Trisnawati, Eva, Abdul Wahab, and Hamid Habbe. “Implementasi Etika Berdagang Dengan Sifat Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathanah Pada Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Makassar.” Economos : Jurnal Ekonomi dan Bisnis 4, no. 3 (2021): 177–183.
Yanti, Wilda. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Gadai Di PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Luwu Kota Palopo,” 2021.
Yuwono, Wisnu, and Angelin Denis Yeo. “Analisis Perilaku Konsumen Dan Keuangan Terhadap Minat Investasi Properti Kelas Menengah Di Kota Batam.” JBK: Jurnal Bisnis & Kewirausahaan 16, no. 3 (2020): 221–231.