Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000

  • Sherlie Agneza Sties Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Rinawati Rinawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Tabungan Easy Wadiah, Fatwa Tabungan, Praktek Tabungan

Abstract

Tabungan easy wadiah merupakan salah satu produk bank syariah indonesia yang banyak di minati nasabah. Hal ini terjadi karena fasilitas dan keuntungan yang menarik minat nasabah dalam praktek tabungan easy wadiah di landasi dengan fatwa yang mengatur perhimpunan dana pada bank syariah. Tabungan easy wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip wadiah yad dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat. Penelitian ini bertujuan Fokus atau tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek tabungan easy wadiah pada bank syariah Indonesia, dan untuk mengetahui praktek tabungan easy wadiah bank syariah indonesia dalam perspektif fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000. Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa tabungan esay wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat. Selanjutnya praktek tabungan easy wadiah di bank syariah indonesia sudah sesuai dengan fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000 dan aturan PBI nomor 7/46/PBI/2005, tentang penghimpunan dana masyarakat dengan menggunakan akad wadiah. Kesesuaian tersebut seperti tabungan easy wadiah yang bersifat simpanan, easy wadiah adalah simpanan yang bisa diambil kapan saja, dan dalam tabungan easy wadiah tidak ada imbalan yang diisyaratkan saat pembukaan rekening tabungan.

References

Agrosamdhyo, Raden. “Implementasi Bauran Pemasaran Terhadap Produk Simpanan Pada PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu A. Yani Singaraja.” Widya Balina 6, no. 1 (2021): 1–6.

Aisyah, Siti. “Penghimpunan Dana Masyarakat Dengan Akad Wadi’ah Dan Penerapannya Pada Perbankan Syariah.” Jurnal Syari’ah 5, no. 1 (2016).

DSN-MUI. Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Tabungan. Indonesia, 2000.

Enang, Sudrajat. Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: PT Madina Raihan Makmur, 2010.

Fadli, Veri Pramudia. “Perhitungan Akad Mudharabah Muthlaqah Dan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Dalam Tabungan IB Hijrah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan.” Nahdatul Iqtishadiyah Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 1 (2021): 94–111.

Mustika, Mega. “Kajian Hukum Terhadap Pengelolaan Dana Meggunakan Akad Wadiah Pada Koperasi Simpan Pinjam Di BMT.” PILAR 12, no. 1 (2021): 13–22.

Pasrizal, Himyar, Fitria Zahara, and Afrian Raus. “Marketing Strategy Of Tabungan Wadi’ah At Pt. Bprs Haji Miskin Pandai Sikek.” Proceeding IAIN Batusangkar 1, no. 1 (2018): 217–224.

Rahmawati, Teti. “Analisis Perbandingan Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Pada Perbankan Syariah Sebelum Dan Sesudah Penerapan Kebijakan Office Chanelling.” Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi 1, no. 02 (2015).

Setiabudhi, Syariah K C P. “Customer Preference in Storing Wadiah Yad Dhamanah Savings (Survey at Bank BRI Syariah KCP Setiabudhi).” Jurnal Review of Islamic Economics and Finance 1, no. 1 (2018).

Subarkah, Andi, Heri Tohari, Muhammad Kafiyanto, Hedi Fajar Rahadian, and Saefudin. Himpunan Al-Qur’an Dan Terjemah New Cordova. Bandung: Syaamil Quran, 2012.

Widayatsari, Any. “Akad Wadiah Dan Mudharabah Dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah.” Economic: Journal of Economic and Islamic Law 3, no. 1 (2013): 1–21.

Published
2022-04-01
How to Cite
Agneza, S., Jalaludin, J., & Rinawati, R. (2022). Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), 68-82. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2i1.292