Analisis Jual Beli Pesanan di Konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Acep Muhamad Akbar STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Siti Rohmat STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Eka Ahadiyat Suryana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Analisis, Jual Beli, Akad Istishna, Penjualan Konveksi, Ekonomi Islam

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti ke lokasi penelitian, peneliti menemukan beberapa fenomena menarik untuk di kaji secara mendalam, salah satunya waktu penyelesaian barang pesanan tidak sesuai perjanjian, konsumen telat pembayaran pesanan, akibatnya perputaran modal konveksi semakin melambat. Fenomena selanjutnya spesifikasi barang pesanan kadang terjadi ketidaksesuaian dengan pesanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem jual beli pesanan pakaian di konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang, dan untuk mengetahui sistem jual beli pesanan pakaian di konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang dalam perspektif akad istishna’. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem jual beli pesanan pakaian di konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang dilakukan melalui identifikasi kebutuhan pakaian, survey pemesanan, melakukan pemesanan, penawaran harga dan ketentuan pembayaran pemesanan, konfirmasi pemesanan, pembayaran, produksi, finishing, pengiriman atau serah terima barang. Sistem jual beli pesanan pakaian di konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang belum sesuai akad istishna’, karena pihak konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang ingkar terhadap perjanjian pemesanan yang sudah disepakati, seperti ketidaksesuaian dengan spesifikasi pesanan (ukuran terlalu besar), dan tidak tepat waktu menyelesaikan produksi barang pesanan yang telah diperjanjikan. Selanjutnya, pihak pemesan juga kadang melakukan ingkar berupa telat pembayaran dari waktu yang telah disepakati, sehingga pihak konveksi merasa dirugikan karena perputaran modal konveksi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

References

Ab Mumin Bin Ab Ghani, Eka, and Nuraini Rachmawati. “Akad Jual Beli Dalam Perspektif Fikih Dan Praktiknya Di Pasar Modal Indonesia.” Al-’Adalah 12, no. 4 (2015): 785–806.

Abdullah. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i, 2004.

Ascarya. Akad Dan Produk Bank Syariah. Edited by Gridcomm. 1st ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011.

DSN-MUI. Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 06/DSN-MUI/Iv/2000 Tentang Jual Beli Istishna’. Indonesia, 2000.

Fajar Wati, Embun, and Kiki Indayani. “Sistem Informasi Distribusi Dan Retur Barang Desktop Pada PT. Milenia Berkat Abadi Jakarta.” Jisamar: Journal of information system, Applied, Management, Accounting and Research 1, no. 1 (2017): 25–29.

Maemunah, Siti. “Spesifikasi Barang Yang Tidak Sesuai Keinginan Pemesan,” 2023.

Moh. Mukhsinin Syu’aibi, and Ifdlolul Maghfur. “Implementasi Jual Beli Akad Istishna’ Dikonveksi Duta Collection’s Yayasan Darut Taqwa Sengonagung.” Malia (Terakreditasi) 11, no. 1 (December 2019): 139–150.

Puswanto, Yanto. “Hasil Wawancara Mengenai Sistem Jual Beli Pesanan Pakaian Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang,” 2023.

———. “Hasil Wawancara Tentang Pelaksanaan Sistem Jual Beli Pesanan Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

———. “Hasil Wawancara Tentang Profil Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

———. “Hasil Wawancara Tentang Retur Barang Pesanan Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

———. “Hasil Wawancara Tentang Sistem Pembayaran Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

———. “Hasil Wawancara Tentang Waktu Pengerjaan Pesanan Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

Putra, Arman Syah. “Konsep Kota Pintar Dalam Penerapan Sistem Pembayaran Menggunakan Kode Qr Pada Pemesanan Tiket Elektronik.” Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika 21, no. 1 (2020): 84–93.

Rohmah, Yuyun Siti. “Hasil Wawancara Mengenai Pemesanan Barang,” 2023.

———. “Waktu Penyelesaian Barang Tidak Sesuai Perjanjian,” 2023.

Saputri, Reni Purnama. “Penerapan Akad Istishna’ Terhadap Transaksi Jual Beli Pada Pengrajin Rak Bunga Di Desa Padang Cermin Kabupaten Pesawaran.” Mu’amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 4, no. 2 (March 2022): 20–45.

Sutanto, Herry, and Umam Khaerul. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Tim Analisadaily.com. “Berita Tentang Medan Mati Lampu Lagi Pengusaha Konveksi Kena Marah.” Analisadaily.Com.

Tim Nusabali.com. “Berita Bangli Tentang Penjahit Protes Mantan Ketua DPRD Bangli.” Nusabali.Com.

Titin, and Yanto Puswanto. “Hasil Wawancara Tentang Sejarah Konveksi Sinar Jaya Mandiri,” 2023.

Published
2024-03-31
How to Cite
Muhamad Akbar, A., Jalaludin, J., Rohmat, S., & Ahadiyat Suryana, E. (2024). Analisis Jual Beli Pesanan di Konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang dalam Perspektif Ekonomi Islam. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 4(1), 40-68. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2024i4.496