Analisis Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Purwakarta Menggunakan Layanan Mesin ATM Bank Syariah

  • Jalaludin Jalaludin STIES Indonesia Purwakarta
  • Mohammad Reodi STIES Indonesia Purwakarta
  • Ahmad Ali Sopian STIES Indonesia Purwakarta
Keywords: ATM Syariah, Kepercayaan Masyarakat, Bank Syariah, Layanan Mesin ATM

Abstract

Layanan ATM Syariah di Desa Cikumpay, Purwakarta masih menghadapi berbagai kendala yang memengaruhi aksesibilitas dan kenyamanan pengguna. Observasi menunjukkan bahwa hanya terdapat satu mesin ATM Syariah, berbeda dengan ATM non-Syariah yang lebih banyak tersedia. Jarak tempuh ke ATM Syariah bervariasi antara 10 meter hingga 5 kilometer, yang dapat menyulitkan masyarakat dalam bertransaksi. Selain itu, aspek kebersihan dan kerapihan mesin ATM perlu diperhatikan, sementara gangguan teknis yang sering terjadi semakin menghambat layanan. Kondisi ini menekankan perlunya peningkatan fasilitas dan sistem ATM Syariah agar lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan mesin ATM yang digunakan masyarakat Desa Cikumpay Purwakarta, dan untuk mengetahui kepercayaan masyarakat Desa Cikumpay Purwakarta menggunakan  layanan mesin ATM Syariah. Penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Cikumpay Purwakarta menggunakan berbagai bank, dengan dominasi Bank Mandiri (41%), diikuti oleh BSI (32%), BCA (23%), dan BRI (2%). Jenis transaksi yang paling sering dilakukan adalah tarik tunai (78%) dan transfer (22%), sementara pembayaran zakat dan infaq masih belum banyak digunakan karena belum tersedia di mesin ATM Syariah. Kepercayaan masyarakat terhadap layanan ATM Syariah cukup baik, terutama dalam aspek aksesibilitas, keamanan, dan keandalan transaksi. Namun, layanan responsif saat terjadi masalah masih perlu ditingkatkan. Dampaknya, peningkatan fitur dan layanan ATM Syariah, termasuk penyediaan transaksi zakat dan infaq, dapat lebih memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperkuat peran perbankan syariah dalam transaksi keuangan sehari-hari.

References

Agus Wiranto. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Agusta, Ivanovich. “Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif.” Pusat Penelitian Sosial Ekonomi 27, no. 10 (2003).

Ahmad Saripudin. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Akbar, Acep Muhamad, Jalaludin Jalaludin, Siti Rohmat, and Eka Ahadiyat Suryana. “Analisis Jual Beli Pesanan Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 4, no. 1 (2024): 40–68.

Al-seenaziha, Al-seenaziha. “Tinjauan Yuridis Tanggungjawab Hukum Bank Terhadap Nasabah Atas Kegagalan Transaksi Penggunaan Mesin Automated Teller Machine (ATM) Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.” Universitas Islam Riau, 2021.

Aldi. “Wawancara Tentang Profil PT Kinenta Indonesia,” 2024.

Ardi. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Asri, Vemmy Lidya, and others. “Fungsi Dan Manfaat Atm Britama Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika.” Moneter: Jurnal Keuangan dan Perbankan 3, no. 2 (2015).

Deden. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Delima, Mustika, and Metti Paramita. “Analisis Kemudahan Akses Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Bank Syariah (Studi Bank BRI Syariah KCP Palabuhanratu).” Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 1 (2019): 75–82.

Dewi, Lokita Pramesti, Andi Aslindah, Muh Amir Masruhim, Mohamad Zaki Taufik, Rahmatiyah, Mahkamah Brantasari, Saktisyahputra, Muhammad Nur Hasan, Sucahyo Mas’an Al Wahid, and Degdo Suprayitno. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jurusan Argonomi Dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 2024.

Dhiraj Kelly Sawlani. Keputusan Pembelian Online Kualitas Website, Keamanan, Dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.

Fahmi, Moh Farih, M.Thoha Ainun, Ahmad Hanif Fajrin, Binti Mutafarida, and Ulya Nur Isnaini. “Analisa Persepsi Masyarakat Tentang Biaya Administrasi Di Bank Konvensional Dengan Pendekatan Al-Urf Dan Relevansinya Pada Ekonomi Islam.” JEPS: Jurnal of Economics and Policy Studies 04, no. 01 (2023): 1–17.

Febri Saputra. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Friedman, Howard S., and Widyasinta. Kepribadian : Teori Klasik Dan Riset Modern. Edited by Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga, 2008.

Heri. “Wawancara Kepada Masyarakat Tentang Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Mengguakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Inah. “Wawancara Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Iqbal, Muhammad, Asyari Hasan, and others. “Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan).” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 7, no. 1 (2022): 333–356.

Irawan, Mul. “Politik Hukum Ekonomi Syariah Dalam Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia.” Jurnal Media Hukum 25, no. 1 (2018): 10–21.

Karima, Izza Ismah. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Bertransaksi Di Agen Brilink Sinar Mas Gulang Kecamatan Mejobo Kudus.” STAIN Kudus, 2017.

Khotijah, Siti. “Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas Layanan Dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking.” El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal 3, no. 2 (2023).

Kusumahwardani, Dini. “Mekanisme Layanan Fasilitas Atm Kepada Nasabah Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Cikurubuk Tasikmalaya.” Universitas Siliwangi, 2019.

Kusumaningrum, Nurwijayanti, and Ganjar Eko Santoso. “Nurwijayanti Kusumaningrum and Ganjar Eko Santoso, ‘Analisa Jaringan Mesin Automatic Teller Machine (Atm) Dalam Rangka Pemeliharaan Di Pulau Jawa,’ Jurnal Teknologi Industri 9 (2020).” Jurnal teknologi industri 9 (2020).

Maman Suherman. “Wawancara Kepada Masyarakat Tentang Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Novaldi, David, Muhammad Iqbal Fasa, Suharto Suharto, and Lita Monalysa. “Analisis Kondisi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Akibat Merger Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6, no. 3 (2021): 754–776.

Nugraha, Muhammad Agung Nugraha, Norvadewi Norvadewi, and Yovanda Noni. “Analisis Implementasi Digital Banking Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kcp Samarinda.” Journal of Information Systems Management and Digital Business 1, no. 3 (2024): 314–321.

Nurjanah, Nunung. “Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Dan Kondisi Makro Ekonomi Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, no. 1 (2023): 346–357.

Nurrohmah, Resti Fadhilah, and Radia Purbayati. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah.” Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah) 3, no. 2 (2020): 140–153.

Putribasutami, Cindhy Audina, and R A Sista Paramita. “Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Pengetahuan, Dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung Di Ponorogo.” Jurnal Ilmu Manajemen 6, no. 3 (2018): 157–172.

Rachmatiwi, Oni Dian, Achmad Fauzi, and Kadarisman Hidayat. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Nasabah Tabungan PT. Bank Mandiri Persero Tbk Kantor Cabang Kota Batu).” Brawijaya University, 2015.

Rafi Maulana. “Wawancara Tentang Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpa Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Santoso, Ippho. 7 Keajaiban Rezeki : Rezeki Bertambah, Nasib Berubah, Dalam 99 Hari, Dengan Otak Kanan! Edited by EnterTrend. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

Sari, Yeyen Novita, Moh Faizal, and Meriyati Meriyati. “Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Praktik Pelayanan ATM Pada Bank BTN KC Syariah Kapten Ahmad Rivai Palembang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) 3, no. 1 (2023): 41–54.

Semiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Arita. 1st ed. Jakarta: PT Grasindo, 2010.

Sriwahyuni, Endang. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Bank BRI Syariah KCP Ngawi).” IAIN Ponorogo, 2019.

Sukiani, Hikmah. “Sistem Penanganan Keluhan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor Sudirman.” Skripsi. Fak. Perbankan & Keuangan Diplomatiga, Bogor (2020).

Uus Sopian. “Wawancara Dengan Masyarakat Desa Cikumpay Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Yosfikar Alfariq. “Wawancara Dengan Masyarakat Mengenai Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Menggunakan Layanan Mesin ATM Syariah,” 2024.

Yusraini, Yusraini. “Analisis Persepsi Mahasiswa UIN SYAHADA Padangsidimpuan Terhadap Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai.” UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2023.

Published
2025-06-11
How to Cite
Jalaludin, J., Reodi, M., & Ali Sopian, A. (2025). Analisis Kepercayaan Masyarakat Desa Cikumpay Purwakarta Menggunakan Layanan Mesin ATM Bank Syariah. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 5(1), 79-107. https://doi.org/10.37726/jammiah.v5i1.1431