Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Prima di SMK Bina Kerja

  • Tri Mutiara Anaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Ahmad Ali Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam, Pelayanan Prima

Abstract

Ekonomi Islam memberikan arahan pada bidang berbisnis ataupun usaha yang dipenuhi oleh berbagai nilai-nilai ekonomi dan etika. Dalam pelaksanaan kegiatan di Institusi Pendidikan seringkali ditemukan kegagalan dalam pelayanan yang dapat melahirkan komplain dari para Siswa, dan Wali Murid. Komplain dapat terjadi karena adanya ketidakpuasan. Ketidakpuasan tidak selalu diungkapkan dengan menyampaikan keluhan atau komplain secara langsung kepada Institusi Pendidikan yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penerapan pelayanan prima di SMK Bina Kerja dalam tinjauan Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pelayanan yang dilaksanakan oleh SMK Bina kerja Purwakarta mengedapankan pelayanan kepada murid, orang tua murid, dan tamu undangan. Penerapan pelayanan tersebut meliputi : pelayanan administrasi, pelayanan pembelajaran, pelayanan informasi, pelayanan siswa. Selanjutnya, pelaksanaan pelayanan yang diterapkan oleh SMK Bina Kerja Tersebut dalam tinjauan etika bisnis Islam ditemukan kesamaan dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam diantaranya : a). Prinsip tauhid penerapaannya yaitu praktik ekstrakurikuler rohani islam (Rohis) setiap hari sabtu; b). Prinsip keseimbangan penerapannya adalah pada pelayanan administrasi, dimana semua siswa di perlakukan adil dalam menerima pelayanan baik yang sudah melakukan administrasi maupun yang belum tetapi harus ada koordinasi dari pihak orang tua kepada sekolah; c). Prinsip kebenaran penerapan adalah pada pelayanan informasi, dimana pada saat libur diberikan informasi kepada siswa; d). Prinsip Tanggung Jawab penerapannya adalah pada pelayanan administrasi, dimana ketika ada siswa yang melakukan pembayaran pihak sekolah akan memberikan kwitansi pembayaran sebagai bukti; e). Prinsip Kehendak bebas penerapannya adalah pada pelayanan siswa, dimana siswa dapat memberikan pendapatnya melalui kotak sarannya. Pelayanan prima yang diterapkan oleh SMK Bina Kerja meliputi penerapan 5S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan, dan santun serta termasuk pelaksanaan pelayanan kepada tamu meliputi etika penyambutan, etika berbicara, etika pelayanan dan etika berpenampilan.

References

Akhir, Tugas, and Ikke Lutvia. “Etika Pelayanan Frontliner Dalam Menangani Keluhan Nasabah Di BRI Syariah KCP Pekalongan” (2019).

Ansori. “Manajemen Pelayanan Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi KSPPS Melati Wonosobo).” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 3, no. April (2015): 49–58.

Arif, Abdul. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank BNI Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

Becker, Fernando Gertum, Michelle Cleary, R M Team, Helge Holtermann, Disclaimer The, National Agenda, Political Science, et al. “Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon.” Syria Studies 7, no. 1 (2015): 37–72.

Choiruna, Ulfa. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Mentari Kademangan Blitar” (2018): 15–51.

Fatah, Wawancara dengan a. “Standar Pelayanan Prima Di Smk Bina Kerja” (n.d.).

Heri, Irawan. “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Sembako Di Pasar Sentral Sinjai.” Skripsi 5, no. 1 (2017): 1–127.

Lesmana, Erik. “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Oleh :” 15, no. 2 (2010): 341–358.

Lubis, Rismayanti, M. Kholil Nawawi, and Hilman Hakiem. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Wirausaha Muslim.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4, no. 2 (2021): 246–255.

Maghfur, Wawancara dengan Pak. “Standar Pelayanan Prima Di SMK Bina Kerja” (n.d.).

Nawatmi, Sri. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Fokus Ekonomi 9, no. 1 (2010): 49–59.

Putritama, Afrida. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Industri Perbankan Syariah.” Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 7, no. 1 (2018): 1–20.

Safitri, Tika, and others. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Kegiatan Produksi Kue Geti UD. Primadona Di Desa Jabalsari” (2018).

Setia, Wawancara dengan Bu. “Standar Pelayanan Prima Di SMK Bina Kerja,” 2022.

Sri Wahyuni. “Standarisasi Pelayanan Sekolah SMK Swasta Bina Kerja Purwakarta,” 2022.

Usman, Alfiani. “Konsep Etika Bisnis Islam Menurut Muhammad Djakfar.” IAIN Parepare, 2022.

Veronica, Nadalia. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Sistem Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mini Market Mira Kelurahan Jembatan Mas Kecamatan Pemayung LPPM STIE-GK Muara Bulian Page 307 LPPM STIE-GK Muara Bulian.” Jurnal Mahasiswa 1 (2021): 307–317.

Wardani, Yudhita Meika, and Ahmad Ajib Ridlwan. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Pada PT. Tanjung Abadi.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 12, no. 1 (2022): 37–52.

Wati, Ambar, Arman Paramansyah, and Dessy Damayanthi. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli:” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 2, no. 2 (2021): 184–200.

wawancara degan Zulkifli kepala sekolah SMK Bina Kerja. “Manajemen Pengelolaan Sekolah Swasta Dan Struktur Kepengurusan,” 2022.

Yuni, Wawancara dengan Bu. “Standar Pelayanan Prima Di SMK Bina Kerja” (n.d.).

Published
2023-09-29
How to Cite
Anaya, T. M., & Ali Sopian, A. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Prima di SMK Bina Kerja . JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 3(2), 109-123. https://doi.org/10.37726/jammiah.v3i2.578