Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Justmine Beauty di Toko Gins Official Plered Purwakarta
Abstract
Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh dua faktor yaitu : 1) Label halal, hal ini dikarenakan mayoritas warga negara Indonesia beragama Islam, sehingga label halal dijadikan sebagai perlindungan untuk konsumen muslim. 2) Harga, karena semakin tinggi harga suatu produk, maka semakin sedikit minat pembelian konsumen atas produk tersebut, begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk skincare Justmine Beauty, untuk menganalisis bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk skincare Justmine Beauty, dan untuk menganalisis bagaimana pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk skincare Justmine Beauty. Metode peneltian yang di pakai yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik penentuan sample yang digunakan yaitu simple random sampling dengan tingkat eror 5%. Teknik anaslisis data yang di pakai yaitu metode analisis regresi linier berganda, uji validitas dan uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel label halal nilai thitung > ttabel sebesar 5,916 > 1,991 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, selain itu nilai R square yang didapatkan sebesar 0,307. Artinya variabel label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Justmine Beauty sebesar 30,7% sedangkan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selanjutnya variabel harga nilai thitung > ttabel sebesar 7,628 >1,991 dan nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0,05, selain itu nilai R square yang didapatkan sebesar 0,424. Artinya variabel harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Justmine Beauty sebesar 42,4% sisanya sebesar 58,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selanjutnya Variabel label halal dan harga nilai Fhitung > Ftabel sebesar 34,772 > 3,11 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, nilai R square yang didapatkan sebesar 0,464. Artinya variabel label halal dan harga mempunyai pengaruh bersama-sama terhadap keputusan pembelian skincare Justmine Beauty sebesar 46,4% dan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian yang digunakan.
References
Al-Qaradhaw, Y. (2017). Halal Haram Dalam Islam. PT Serambi Semesta Distribusi.
Alaydrus, H. S. M. (2010). Agar Hidup Selalu Berkah. PT Mizan Pustaka.
Amir, T. (2005). Dinamika Pemasaran:Jelajahi dan Rasakan (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.
Angipora, M. P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada.
Bungin, B. (2006). Metedologi Penelitian cet 1. Persada Media Group.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 19. Badan Penerbit Undip.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.
Indri Afriliantini dan Abdul Salam. (2019). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Kosmetik Wardah di Kota Sumbawa). Urnal Manajemen Dan Bisnis 2, 1.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Kamus Versi Online/daring harg. https://kbbi.web.id/harga,
Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Diponogoro.
Kotler, P., & Keller, K. (n.d.). Marketing Management Global Edition (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, & Amstrong. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 11 (11th ed.). Indeks.
oseph P. Cannon, William Perreault, et. a. (2008). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global (16th ed.). Salemba Empat.
Payne, A. (2007). Pemasaran Jasa (2nd ed.). Andi and Pearson Education.
Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2419
Siregas, S. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif.
Siregas, S. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilegasi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana.
Siregas, S. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilegasi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. IKAPI.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). CV Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.
Widyaningrum, R. (2015). Statistika. Pustaka Felicha.
Wulansari, A. D. (n.d.). Statistika Parametrik Terapan Untuk Penelitian Kuantitatif. STAIN Po PRESS, t.th.
Yousaf, S., & Malik, M. S. (2013). Evaluating the influences of religiosity and product involvement level on the consumers. Journal of Islamic Marketin, 4(2), 163–186. https://doi.org/10.1108/17590831311329296