Analisis Persepsi Mahasiswa pada Fitur dan Layanan Islami di Aplikasi BSI Mobile (Studi Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta)

  • Rosa Amelia STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Imam Sucipto STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Ayi Nurbaeti STIE Syariah Indonesia Purwakarta
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Fitur, Layanan Islami, BSI Mobile

Abstract

Persepsi mahasiswa sangat penting terhadap produk perbankan syariah, karena salah satu fungsi mahasiswa sebagai agent of changes, agen perubahan akan salah mentafsirkan atau salah memberikan edukasi kepada masyarakat karena persepsi agennya pun salah. Fitur dan layanan yang baik akan membuat persepsi konsumen khususnya mahasiswa tetap setia menggunakan layanan atau produk tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fitur dan layanan apa saja yang banyak digunakan mahasiswa STIES IP pada aplikasi BSI Mobile, dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa STIES IP pada fitur dan layanan islami di aplikasi BSI Mobile. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara langsung dengan mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta. Teknik analisis data menggunakan mengunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur dan layanan yang banyak digunakan mahasiswa STIES IP pada aplikasi BSI Mobile adalah info rekening, transfer, pembayaran, waktu sholat, pembelian, dan layanan islami. Selanjutnya persepsi mahasiswa STIES IP pada fitur dan layanan islami di aplikasi BSI Mobile dari indikator penerimaan mendapatkan respon bahwa dari segi tampilan menarik, mudah digunakan, transaksi cepat, respon cepat, bisa diakses 24 jam, fitur dan layanan islaminya lengkap, sangat membantu dan memuaskan. Sedangkan indikator evaluasi mendapatkan respon bahwa dari segi fitur dan layanan islami bagus dan inovatif, namun dari segi keamanan perlu ditingkatkan, adanya sistem error, dan terlalu banyak verifikasi saat transaksi.

References

Bagaskara, Muhammad Pandu. “Pengaruh Fitur Layanan Dan Efektivitas Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Bertransaksi E- Payment Di Bsi Mobile.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2023.

Cleanita Imra’atul Khasanah, And Nur Huri Mustofa. “Analisis Persepsi Nasabah, Kepercayaan Dan Brand Image Terhadap Minat Dan Keputusan Nasabah Menabung.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, No. 2 (2022): 95.

Hadi, Syamsul, And Universitas Islam Indonesia. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan.” Jurnal Eknomi Dan Bisnis Islam 4, No. 2 (2018): 59.

Hamidah, Siti; Anita, Desi. “Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia).” Jurnal Ekonomi 21, No. 4 (2013): 3.

Hidayatullah, Muhammad Syarif. “Memasyarakatkan Ekonomi Syariah Dan Mensyariahkan Ekonomi Masyarakat.” Uin Antasari Banjarmasin.

Inayah, Nur. “Model Perilaku Penggunaan Mobile Banking Di Bank Syariah.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2018.

Jannah, Faridahtul, And Ani Sulianti. “Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Asanka: Journal Of Social Science And Education 2, No. 2 (2021): 181–193.

John Walker Mullins, Orville C. Walker. Marketing Management. New York: Mcgraw-Hill, 2009.

Kotler, Gary Amstrong Philip. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2007.

Krediblog. “Jam Operasional Bank Bsi. Online, Offline, Buka Tutup.” Krediblog.

Rahmi Tiara. “Analisis Persepsi Mahasiswa Pada Fitur Dan Layanan Islami Di Aplikasi Bsi Mobile (Studi Mahasiswa Sties Indonesia Purwakarta),” 2021.

Raras Sati Nuraeni. “Analisis Persepsi Mahasiswa Pada Fitur Dan Layanan Islami Di Aplikasi Bsi Mobile (Studi Mahasiswa Sties Indonesia Purwakarta),” 2021.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Samsudin, Acep. “Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Bsi Mobile Pada Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2023.

Sedayu, Agung. “15 Juta Data Nasabah Bsi Diduga Bocor, Pakar Siber: Hati-Hati Serangan Phising Ke Pemilik Rekening.” Tempo.Com.

Setya, Petikan Hasil Wawancara Dengan Lita Anis. Mahasiswa Pengguna Bsi Mobile (2023).

Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali, 2003.

Published
2024-03-30
How to Cite
Amelia, R., Sucipto, I., & Nurbaeti, A. (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa pada Fitur dan Layanan Islami di Aplikasi BSI Mobile (Studi Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta). JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 4(1), 29-39. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2024i4.930