Analisis Akad Salam Dalam Jual Beli Online di Jajanan Retjeh Purwakarta
Abstract
Jajanan Retjeh Purwakarta merupakan salah satu jajanan online yang berdiri saat pandemi covid-19 yakni tahun 2021, pengikut Jajanan Retjeh Purwakarta di media sosial sudah lumayan banyak, indikasi masalah penelitian ini stok produk di akun media sosial sering mengalami tidak up to date, strategi pengiriman masih kurang tepat, karena masih banyak pesanan yang sering terlambat sampai ke pembeli. Tujuan penelitian untuk mengetahui praktik jual beli online di Jajanan Retjeh Purwakarta, dan untuk mengetahui tinjauan akad salam pada pesanan online di Jajanan Retjeh Purwakarta. Metodologi penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field study) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data primer dan sumber melalui observasi dan wawancara. Sample informan menggunakan purposive sampling dengan 10 informan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli online di Jajanan Retjeh Purwakarta melalui beberapa tahapan, mulai dari promosi di media sosial, pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman dan proses klaim jika terjadi masalah. Namun, transaksi jual beli online ini belum sepenuhnya sesuai dengan Akad Salam menurut Fatwa DSN MUI Nomor 05/DSN-MUI/IV/2000, terutama karena adanya pembayaran dengan sistem COD yang tidak dilakukan di awal kontrak serta keluhan terkait kualitas produk dan keterlambatan pengiriman. Dampaknya, diperlukan penyesuaian sistem transaksi agar lebih sesuai dengan prinsip syariah, seperti memastikan pembayaran dilakukan di awal dan meningkatkan kualitas serta ketepatan waktu pengiriman, sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan dapat meningkat.
References
Abduroman, Dede, Haris Maiza Putra, and Iwan Nurdin. “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Online.” Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah 1, no. 2 (2020): 35.
Akbar, Acep Muhamad, Jalaludin Jalaludin, Siti Rohmat, and Eka Ahadiyat Suryana. “Analisis Jual Beli Pesanan Di Konveksi Sinar Jaya Mandiri Subang Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 4, no. 1 (2024): 40–68.
Ali, Muhammad Daud. Hukum Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Ardhinata, Ahliwan. “Keridhaan (Antaradin) Dalam Jual Beli Online (Studi Kasus Ud. Kuntajaya Kabupaten Gresik).” Universitas Airlangga, 2015.
Arif, H. Mhd., Sri Kasnelly, and Okviera Andaresta. “Pelaksanaan Jual Beli (Al Ba’i) Berakad Salam.” Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah 4 (2021): 1–10.
Danang, Kurniawan. “Perspektif Hukum Islam Tentang Jual Beli Pakaian Bekas.” Tawazun: Journal of Sharia Economic Law 4, no. 1 (2018).
Diki Tri Bagus Dermawan, and Dety Mulyanti. “E-Commerce : Definisi, Perkembangan Dan Hukum Dalam Pandangan Agama Islam.” Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi 29, no. 1 (2023): 79–84.
DSN-MUI, and Bank Indonesia. Himpunan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional MUI. Jakarta: DSN-MUI, 2006.
Endang Lestari, Gabriel Ngadio, Kunto Fitricia Elfisa Iriani. “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Penipuan Jual Beli Online Melalui E-Commerce.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 10, no. 6 (2023): 4607–4617.
Febriyanti, Siska, and Boy Satria. “Promosi Dalam Kegiatan E-Commerce Dalam Perspektif Islam.” El -Hekam 7, no. 2 (2022): 233.
Irawan. Konsep Ba’i Salam Dan Implemetasinya Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional. Bandung, July 2020.
Lu’luil, and Mukarromah. “Baju Di Toko Santi Collection Kecamatan Diajukan Kepada Universitas Islam Kiai Haji Achmad Aiddiq Jember” (2022).
Nurfauzi, Reza, Cece Rakhmat, and Ari Arisman. “Pengaruh Packaging Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Konsumen Produk Sale Ambon Ibu Ooh Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya ).” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 10 (2022): 3410–3414.
Pahra, Januara. “Akad Salam Menurut Fatwa DSN MUI Nomor 05/DSNMUI/IV/2000.” Al-Hiwalah : Journal Syariah Economic Law 1, no. 1 (2022).
Rahmah Muin. “Praktek Jual Beli Batu Bata Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Parappe Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar) Rahmah Muin.” J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam 2, no. 2 (November 2017).
Rifaldillah, Hilman, and Iwan Krisnadi. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rasa Tidak Puas Pada Bisnis E-Commerce Di Indonesia,” no. 29 (2007): 1–6.
Rizkiani, Rizkiani. “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Online.” AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 1, no. 04 (2022): 211–227.
Ruhaya, Sabir U; M.Yusuf; Abd. Rauf Amin; Besse. “Modul Ariyah, Jual Beli, Khiyar, Riba,” no. July (2020): 1–23.
Sahabuddin, Romansyah, Ririn Ariani Bakri, Andi Ahtirah, Suci Ramadhani` Ilyas, and Nurul Hidayah. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Kegiatan Belanja Online.” JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) 9, no. 6 (2023): 2537–2548.
Saprida. “Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli.” Jurnal Ilmu Syariah, FAI Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor 4, no. 1 (May 2016).
Suci, Ananda Melati, Ivana Gina Azarine, Keisha Aliifah Maulana, and Neema Tabina Hasna. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Pada Kasus Strategi Pemasaran Dengan Iklan Palsu Dan Klaim Produk Yang Berlebihan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 14 (2024): 37–45.
Susanti, Apif, and Dwi Wahyu Prabowo. “E-Commerce Pada Toko My Digital.” Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA) 4, no. 1 (2017).
Uswah Hasanah. “Ba’y Al-Salam Dan Ba’y Al-Istisna’” (2018).