Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Vegetables al-Muhajirin Farm

  • Tati Hartati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Imam Sucipto Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Sutrisno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Islami, Penjualan Produk, Hidroponik, Pondok Pesantren

Abstract

Vegetables Al-Muhajirin Farm memproduksi Sayuran hidroponik, Lele Frozen, Simping Vege, dan Nugget Vege. Seperti yang kita ketahui sayuran hasil hidroponik masih jarang peminatnya, hanya kalangan-kalangan tertentu yang bisa mengkonsumsinya, karena harga hasil olahan sayuran hidroponik relative mahal. Oleh karena itu, hasil olahan sayuran hidroponik membutuhkan strategi khusus dalam memasarkan produknya, salah satunya dengan strategi pemasaran islami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan produk Vegetables al-Muhajirin Farm. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Vegetables al-Muhajirin Farm meliputi Shiddiq (benar dan jujur), Amanah (terpercaya, kredibel), Fathanah (cerdas), dan Tabligh (komunikatif). Selain itu karakteristik pemasaran islami meliputi Nilai-nilai ketuhanan, Nilai akhlak, Nilai realita, dan nilai humanistis.

References

Agustin, Fiqi Mila, and Teguh Budi Prasetya. “Penyusunan Rencana Pengembangan Obwis Pantai Timang Di Gunungkidul.” Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik 3, no. 1 (2020).
Arman, Andri. “Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari Di Samarinda.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman 3, no. 3 (2015): 625–637.
Budianto, Muhammad Rizky Ramadhandy, Syaban Farauq Kurnia, and Tresna Ramadhian Setha Wening Galih. “Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21, no. 01 (2021): 55–61.
Drajat, Wanda Natasya Putri, Ahmad Mulyadi Kosim, and Syarifah Gustiawati. “Strategi Pemasaran Islam Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Muslimah Beauty Care.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi \& Bisnis Islam 2, no. 2 (2021): 88–99.
Dz, Abdus Salam. “Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi Dan Tantangan.” Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah 10, no. 1 (2018): 63–80.
Evasari, Aprilia Dian. “Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk.” ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development 4, no. 1 (2020).
Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.” Madaniyah 7, no. 2 (2017): 261–283.
Fuadah, Khofifatul. “Analisis Strategi Promosi Melalui Penerapan Sales Promotion Dalam Perspektif Prinsip Syariah (Studi Kasus Pada Toko Pertanian Tani Berkah Desa Kubangpari Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes).” IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2021.
Gumbira-Sa’id, E. Wawasan, Tantangan, Dan Peluang Agrotechnopreneur Indonesia. Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2010.
Idri. Hadis Ekonomi, Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.
Malisa, Rizka Malisa, Muhammad Arifin Nasution, and Onan Marakali Siregar. “Strategi Bisnis Dalam Meraih Keunggulan Bersaing Melalui Metode Analisis SWOT.” Journal Of Social Research 1, no. 7 (2022): 743–750.
Mubarok, Nurul. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 3, no. 1 (2017): 73–92.
Nasution, Alya Mahpuja, and Rahmi Syahriza. “Strategi Pengembangan Diri Agen Asuransi Dalam Mencapai Target Pada PT. Sunlife Financial Cabang Kota Medan.” Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) 2, no. 2 (2022): 186–190.
Nasution, Nur Risky Handriyati. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Daya Beli Konsumen (Studi Kasus Pada 212 Mart Jl. Mayjen D.I. Panjaitan No. 15, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152).” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Humaniora 2, no. 02 (2021): 6.
Nurdin, Maolina. “Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting Di Instagram Pada Masyarakat Surabaya.” Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation 1, no. 2 (2021): 89–101.
Nurhisam, Luqman. “Etika Marketing Syariah.” IQTISHADIA Jurnal Ekonomi \& Perbankan Syariah 4, no. 2 (2017): 171–193.
Pangestika, Maria, Musraino Hohary, Yohanes Hendro Agus, Nugraheni Widyawati, Maria Marina Herawati, Alfred Jansen Sutrisno, Yoga Aji Handoko, et al. Smart
Published
2023-03-20
How to Cite
Hartati, T., Sucipto, I., & Sutrisno, B. (2023). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Vegetables al-Muhajirin Farm. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 3(1), 1-27. https://doi.org/10.37726/jammiah.v3i1.488