Strategi Pemasaran Syariah Untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Jamur Tiram Kelompok Tani Tunas Karya Desa Sukahaji

  • Hanifah Hanifah STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Siti Rohmat STIE Syariah Indonesia Purwakarta
Keywords: Strategi, Bauran Pemasaran, Pemasaran Syariah

Abstract

Kegiatan budidaya jamur tiram poktan Tunas Karya belum melakukan langkah-langkah strategi, terutama dalam bidang produksi dan pemasaran, mengalami keterbatasan modal dan dalam proses produksi belum menggunakan teknologi dan tenaga mesin sehingga kapasitas produksi usaha belum bisa meningkat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran usaha Jamur Tiram Kelompok Tani Tunas Karya Desa Sukahaji, dan strategi pemasaran syariah untuk meningkatkan pendapatan usaha Jamur Tiram Kelompok Tani Tunas Karya Desa Sukahaji. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran Usaha jamur tiram kelompok tani Tunas Karya mempunyai produk yang unik yaitu berupa Jamur Ngehe (Jamur Crispy) dan D’Supaan; Harga usaha jamur tiram cukup murah; Distribusi usaha jmaur tiram di alokasikan ke pasar tradisonal, mini market, reseller dan ada juga yang melalui online (Shopee dan Instagram); Promosi Usaha jamur tiram melalui media akun Shopee dan Instagram. Selanjutnya pemasaran syariah pada Usaha Jamur Tiram Kelompok Tani Tunas Karya mengikuti prinsip-prinsip sifat Nabi Muhammad SAW yaitu : 1) Cerdas (Fathanah), cerdas dalam memasarkan produk, dan cerdas dalam mempromosikan produk yang tepat, 2) Terpercaya dan kredibel (Amanah), produk yang di olah sangat dapat di percaya karena menggunakan bahan-bahan alami, dan juga amanah dalam memasarkan produknya, 3) Komunikatif (Tabliqh), informasi yang disampaikan jelas dan dapat di pahami oleh konsumen; 4) Jujur dan Benar (Shiddiq), jujur dan terbuka mengenai harga produk yang di pasarkan. Pendapatan produk usaha jamur tiram dari tahun 2019 sampai 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

References

Ananda, Muhammad Rizky, ‘Analisi Penerapan Fatonah, Amanah, Shiddiq, Dan Tabliq Pada Sistem Pemasaran Di Bank Syariah Mandiri Kcp Padang Bulan Medan Skripsi’, 2019

Andrianary, Monsieur, and Philippe Antoine, ‘Strategi Penerapan Marketing Mix (4P) Pada Pemasaran Produk Uwitan Wooden Craft’, 2 (2019), 89

Erpan, Hermawan, Soetoro, and Hardiyanto Tito, ‘Strategi Pemasaran Jamur Tiram (Studi Kasus Pada Perusahaan Margi Mulyo Di Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)’, IImiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4.3 (2017), 338–43

Handayani, Siti, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Budidaya Jamur Tiram’, 2021, 6

Laelani Rukmana, ‘Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus Pada Usaha Pembuatan Jamur Tiram UD Kenanga Kecamatan Ampenan Kota Mataram)’, 2020

Maldina, Eriza Yolanda, ‘Strategi Pemasaran Islam Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista’, 2016

Mas’ari, Ahmad, Muhammad Ihsan Hamdy, and Mila Dinda Safira, ‘Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada PT. Haluan Riau’, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5.2 (2020), 79 <https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997>

Nasir, Akhmad, ‘Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) UD Arjuno, Kabupaten Malang’, 4 (2019), 1–9

Rahim, Endang, and Roni Mohamad, ‘Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah’, Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah), 2.1 (2021), 15–26 <https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234>

Sanjaya, Joko Wira, ‘"Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Ekonomi Syari‟ah” (Pekanbaru: UIN Suska Riau, 2020). 24’, Liquid Crystals, 21.1 (2020), 1–17

Sanjaya, Rendy Septi, ‘Omzet Penjualan Unit Usaha Aqiqah Pada Laz Nurul Hayat Medan ( Pendekatan Analisis SWOT ) Pada Laz Nurul Hayat Medan’, 2017

Saprijal, Makmur, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian)’, 3.1 (2015), 41–56

Umar, Husein, ‘Studi Kelayakan Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001. 6. 1’, 2001, 1–8

Wibowo, Dimas Hendika, ‘Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Pada Batik Diajeng Solo )’, 29.1, 59–66

Published
2024-03-31
How to Cite
Hanifah, H., & Rohmat, S. (2024). Strategi Pemasaran Syariah Untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Jamur Tiram Kelompok Tani Tunas Karya Desa Sukahaji. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 4(1), 69-83. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2024i4.521