Analisis Pemasaran Islami Pada Akun TikTok Shop @Chamaycollection
Abstract
Akun TikTok Chamaycollection adalah UMKM fashion di TikTok Shop yang menjual boxer, buste houder, dan celana dalam pria-wanita. Dengan jangkauan pengiriman hingga Papua dan Pulau Jawa, usaha ini mencatat omset Rp15 juta/minggu dan Rp50 juta/bulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemasaran pada akun TikTok Shop @Chamaycollection, dan untuk mengetahui pemasaran Islami pada akun TikTok Shop @Chamaycollection. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara terhadap pemilik serta konsumen akun TikTok Shop @Chamaycollection. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode snowball sampling, dimana informan awal (pemilik akun) merekomendasikan konsumen lain yang relevan untuk diwawancarai. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil pembahasan tentang Pemasaran pada Akun TikTok Shop Chamaycollection dengan menggunakan teori 4P (produk, harga, tempat dan promosi) dapat disimpulkan: 1) Produk, mendeskripsikan produk secara jelas, termasuk bahan, ukuran dan warna; 2) Harga, memberikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak; 3) Tempat, mengikuti tren dan tantangan yang sedang viral di TikTok untuk meningkatkan visibilitas pengunjung; 4) Promosi, menyelenggarakan giveaway dengan hadiah menarik untuk meningkatkan engagement rate. Selanjutnya, pemasaran Islami pada akun TikTok Shop Chamaycollection mengkorelasikan teori 4P (produk, harga, tempat dan promosi) dengan nilai-nilai pemasaran Islami (ketuhanan, etis, realistis, humanistis) mendapatkan respon pemasaran Islami yang diterapkan belum maksimal, karena masih terdapat indikator pemasaran Islami yang tidak di manfaatkan secara maksimal, seperti deskripsi produk yang disajikan terkadang tidak sesuai dengan produk yang diterima, hal ini terbukti dari ulasan bintang yang diberikan oleh pelanggan.
References
Alapján-, Vizsgálatok. “Analisis Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen 212 Mart Medan Baru,” 2016, 1–23.
Alfayed, Erico, Lista Ramadeli, Rakel Agnestasia, Viona Amalina, Zhatil Hanani Octavia Swid, and Hednra Riofita. “Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tiktokshop.” Jurna; Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 1, no. 2 (2023): 195–2021.
Arisandy, Yosy. “Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.29300/aij.v4i1.1202.
Askhar, Bayu Malikul, Tri Winarsih, and Maulidza Nur Fauzi. “Strategi Manajemen Keuangan Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Produk.” Jurnal USAHA 5, no. 1 (2024): 74–81. https://doi.org/10.30998/juuk.v5i1.2897.
Bongso, Luntoro Agung, and Allen Kristiawan. “Kenyamanan Online Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Online Pada Pengguna Tokopedia.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 9, no. 1 (2022): 123–40. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.38621.
Daya, Johan Siprianus, Tina Rosa, and Mariati Tamba. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk ‘The Sandals’ Dari PT. Razer Brothers.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen 12, no. 1 (2022): 86–98.
Eviani, Intan, and Yusup Rachmat Hidayat. “Pengaruh Sistem Pelacakan Online Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi).” Jurnal Manajemen Logistik 1, no. 1 (2021): 11–19.
Guftiana, Ranti Vira, Jalaludin Jalaludin, Siti Rohmat, and Ivan Fanani Qomusuddin. “Analisis Bauran Pemasaran Produk Jahe Merah Merek An-Nuroniyah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” Jama (Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis) 1, no. 2 (2024): 297–321.
Hartati, Tati, Jalaludin Jalaludin, Imam Sucipto, and Sulistianingsih Sulistianingsih. “Analisis Strategi Pemasaran Islami Pada Home Industry Sasoku Purwakarta.” Jama (Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis) 1, no. 2 (2024): 169–82.
Hutagalung, Yuli Master, and Handoyo Djoko Waluyo. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kopi Benteng 2 Banyumanik).” Jurnal Administrasi Bisnis IX, no. Iii (2020): 209–15.
Imron, Imron, Danny Ong, and Andriansah Andriansah. “Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm.” Respati 17, no. 2 (2022): 1. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.452.
Jalaludin, Jalaludin, Siti Nurhasanah, and Dadang Dadang. “PENDAMPINGAN BRANDING DAN PEMASARAN ISLAMI JASA SERVICE ELEKTRONIK DI DESA SALAMJAYA PONDOKSALAM PURWAKARTA.” Jurnal Istima (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 2 (2024): 108–28.
Juliana, Hellen. “Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop.” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi 1, no. 6 (2023): 1517–38. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754.
Mahmada, Elya, and Indri Fogar Susilowati. “Tanggung Jawab Penjual Terhadap Barang Yang Tidak Sesuai Dalam Perjanjian Jual Beli Secara Daring Di Lazada.” Novum: Jurnal Hukum, 2024, 23–33.
Marsela, Dinar. “Pemasaran Produk Tas Melalui Media Instagram (Studi Kasus Di Toko Gallery Firda Sindangkasih Purwakarta),” 2023.
Maulana, Dudung, M H Ainulyaqin, L I Achmad, Kisanda Misiden, and S Mamun. “Praktik Pemasaran TikTok Shop Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam” 10, no. 02 (2024): 1410–21.
Muwafiq Azizah, Uti, and Mira Purnamasari Safar. “Analisis Manajemen Pemasaran Berbasis Syariah Produk UMKM Melalui Penggunaan Marketplace: Studi Kasus Tiktok Shop Raja Ngemil Tahun 2021-2022.” As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal 3, no. 2 (2024): 885–98. https://doi.org/10.56672/syirkah.v3i2.212.
Nasution, Amalia Munajah, and Zuhrinal M Nawawi. “Pemanfaatan Sosial Media Tiktok Sebagai Strategi Promosi Dalam Berwirausaha Persfektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM) 2, no. 2 (2022): 3155–63.
Novilia, Fitri. “Evaluasi Pelaksanaan Promosi Dengan Menggunakan Tiktok Dan Tiktok Shop Pada Toko Baju Wanita Fabulousgrosir.” SEIKO : Journal of Management & Business 6, no. 1 (2023): 237–53.
Nur Fadilah. “Pengertian, Konsep, Dan Strategi Pemasaran Syari’ah.” Salimiya 1, no. 2 (2020): 208.
Ocktavia, Fika Dwi, Jalaludin Jalaludin, Faridha Nurazizah Yr, and Syifa Aulia Nurahmah. “Pendampingan Branding Dan Pemasaran Islami UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 55–82.
Oktapiya, Kapiyah, Jalaludin Jalaludin, and Asep Dede Kurnia. “Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri Di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 4, no. 2 (2024): 127–74.
Oktaviani, Lusi, Zainul Anwar, and Imroatus Sholiha. “Strategi Penjualan Di Aplikasi Tik Tok Dalam Perspektif Pemasaran Konvensional Dan Pemasaran Syariah.” At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah" 5, no. 2 (2023): 71–81. https://doi.org/10.32528/at.v5i2.1022.
Pratama, Stevie, Universitas Padjadjaran, Alamat Jl, Raya Bandung, Sumedang Km, Kec Jatinangor, and Kabupaten Sumedang. “Peningkatan Eksistensi Media Sosial Marketing Dan E-Commerce Terhadap Customer Retention Kahiji Coffee & Dinner” 3, no. 3 (2024).
Pulungan, Hamzah Ja’far, and Muhammad Ridwan Lubis. “Menganalisis Permasalahan Ketidaksesuaian Objek Dalam Jual Beli Transaksi Di Marketplace” 1 (2023): 26–34.
Ridwan Muhamad Saleh. “Petikan Hasil Wawancara Narasumber Pemilik Akun TikTok Shop Chamaycollection.” 2024.
Rizki Utami, and Unun Roudlotul Janah. “Analisis Marketing Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Tempe De Yati Madiun.” Niqosiya: Journal of Economics and Business Research 2, no. 2 (2022): 211–28. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.769.
Setiawan, Firman. “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada E- Commerce Terhadap Pemasaran Di Implementation Of Islamic Business Ethics In E-Commerce Marketing In The Shopee.” Research Journal on Islamic Finance 10, no. 01 (2024): 51–69.
Swastha, Basu, and T Hani Handoko. “Manajemen Pemasaran.” Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty, 2002.
Umarudin, Muhammad, Jalaludin Jalaludin, and Thasya Winny Arditta. “Pendampingan Dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 153–66.
Yanti, Silvia Dwi, Sri Astuti, and Camelia Safitri. “Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018).” Jurnal EMT KITA 7, no. 1 (2023): 47–61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728.
Yusianto, Rindra, Program Studi, Teknik Indusri, Fakultas Teknik, Universitas Dian, and Nuswantoro Semarang. “Pengembangan Model Sistem Pelayanan Otomatis,” no. September (2012).
Zulfa, Nurhajijah, Nila Nur Millah, Nuratin Nuratin, and Kartika Novitasari. “Konsep Maqashid Syariah Dalam Praktik Strategi Pemasaran Tiktok Dengan Landasan Etika Bisnis Islam.” AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2023): 79–94. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.64.