Pengaruh Halal Awareness dan Halal certification Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Keislaman UTM Pada Produk Mixue

  • Nisaul Bariroh Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Ersya Faraby Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Perkembangan ekonomi syariah sejalan dengan peningkatan permintaan terhadap produk halal diseluruh dunia. Dari 277,43 juta penduduk Indonesia, 240,62 juta adalah muslim. Sangat penting bagi pelangan muslim untuk memiliki sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman, mixue mengalami permasalahan setelah munculnya isu bahwasanya mixue tidak memiliki sertifikasi halal. Dengan adanya hal tersebut menimbulkan keraguan dikalangan masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis halal awareness dan halal certification terhadap keputusan pembelian mahasiswa fakultas keislaman UTM produk mixue secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada populasi mahasiswa fakultas keislaman UTM, metode pengumpulan data menggunakan kuisoner skala likert dan pengambilan sampel menggunakan sample acak berstrata (stratifed random sampling). Data diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 21. Diperoleh hasil penelitian dengan menganalisis data uji t yang telah dilaksanakan dan diketahui, membuktikan bahwa hasil nilai Ttabel (1,523 > 1,97838) dan angka signifikansinya (0,000 < 0,05) menunjukan bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan nilai Ttabel (3,623 > 1,97838) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) menunjukan bahwa sertifikasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk mixue. Selainitu, nilai Fhitung > F tabel sebesar (23,475 > 3,07), dengan nilai signifikan kurang dari 0,05 yakni (0,000 < 0,05). Dengan ini bahwa mengidentifikasikan bahwa dengan mengintregasi kedua variabel diantarannya halal awareness dan halal certification terhadap keputusan pembelian produk mixue meningkat atau berpengaruh positif. Dengan demikian pentingnya kesadaran halal dan memperhatikan halal certification yang didapat melalui proses dari MUI membuat konsumen semakin percaya terhadap kehalalan produk mixue.

References

Aditi, B. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui kepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan. Art Design, Publishing & Printing, 14–24.

ADMIN MUI 2023. (n.d.). Tetapkan kehalalan mixue ice cream & tea MUI:Produknya halal da suci. 16 FEBUARI 2023. https://mirror.mui.or.id/berita/49191/tetapkan-kehalalan-mixue-ice-cream-tea-mui-produknya-halal-dan-suci/

Afendi, A. (2020). The Effect of Halal certification, Halal awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal Fashion Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 145–154. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.2.6160

Antaseni, F., Basalamah, M. R., & Rahmawati, R. (2024). Pengaruh Sertifikasi Halal, Viral Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Kota Malang (Studi Pada Konsumen Mixue Tlogomas). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 1710–1717.

Erijanto. (2018). Variasi Kemasan Terhadap Tingkat Kesukaan Dan Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Pembelian Makanan Tradisional: Kajian Pustaka. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 6(1), 91–96. https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2018.006.01.11

Faiq, M. A. S. E., & Anwar, M. K. (2024). Pengaruh Sertifikat Halal, Viral Marketing, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Mixue. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 7(1), 112–124. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78

Fatmawati, P., Setiawan, F., & Nasik, K. (2023). Analisis Religiusitas, Kesadaran Halal, Literasi Halal, Dan Niat Berperilaku Dalam Memprediksi Pelaku UMKM Melakukan Sertifikasi Halal Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 76–88. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/Mr/index76

FITRIYANI, I. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Ice Cream and Tea Di Kota Surakarta. Jurnal Administrasi Dan Bisnis. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/6233/1/Naskah Skripsi Indiyah Fitriyani.pdf

Hafizi, M. A., & Athar, H. S. (2024). Pengaruh Sertifikat Halal, Legalitas Usaha, dan Kualitas Kemasan dalam Membentuk Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue Dikota Mataram. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 5(1), 100–105. https://doi.org/10.29303/alexandria.v5i1.578

Halwa, M., & Faraby, M. E. (2024). Analisis Literasi Halal Bagi Pelaku Usaha di Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. EKSISBANK (Ekonomi Syariah …, 8, 31–44. https://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/EKSISBANK/article/view/1106%0Ahttps://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/EKSISBANK/article/download/1106/208

Harahap, R. Z. (2018). Pengawasan dan Koordinasi Sertifikasi Halal. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 108–118. https://doi.org/10.30596/dll.v3i1.3145

Heryani, F., Damiri, A., & Jalaludin. (2020). Keputusan Menjadi Nasabah Bank Muamalat KCP Purwakarta Ditinjau Dari Pengetahuan Calon Nasabah. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 4(2), 157–167. https://doi.org/10.37726/ee.v4i2.98

Hidayat, T., Juwaini, A., & Rahwidhiyasa, P. (2023). Pentingnya Literasi Halal dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Indonesia. KNEKS, Komite Nasional Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4.

Inshight, 2023. (n.d.). Insght 2023-2029.

Kh, U., & Hasbullah, A. W. (2024). JIES : Journal of Islamic Economics Studies. 5(2), 105–112.

Lailla, N., & Tarmizi, I. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177, 1–14.

Makhtum, A., & Faraby, M. E. (2021). Sertifikasi Produk Halal Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.30651/justeko.v5i1.8761

Maksudi, Bahrudin, & Nasruddin. (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Sertifikasi Halal dalam Upaya Pemenuhan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 825–840.

Mat’atul Ainiyah, Fadhilatul Mutamimah, Reza Syah Fahlevi and Henny Saraswati, Budi Sudrajat, Wahyu Hidayat. (2016). Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ice Cream Mixue Ciceri Kota Serang). 1–23.

Nadya Rahma Agustiani, & Viola De Yusa. (2023). Pengaruh Halal awareness Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Pada Mixue. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 01–18. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i4.58

Nurul Khotimah. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Label Halal Indonesia, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Ice Cream & Tea (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Di Wilayah Bekasi). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.840

Putro, N. A. (2024). Phman Wahid Pekalongan)engaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Fomo , dan E-wom terhadap Minat Beli pada Minuman Kekinian Mixue (Studi Kasus Mahasiswa Febi UIN K.H. Abdrura. Skripsi.

Raihan, M. A., Nst, A. M., & Siregar, D. (2024). Pengaruh Halal awareness dan Halal certification Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mixue ( Studi Kasus Pada Kecamatan Medan Johor ). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 330–338.

Rosi, A., Alrasyid, H., & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Kesadaran Halal, Brand Image dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang. Warta Ekonomi, 7(1), 106–116.

Saputri, E. V., & Sidanti, H. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, BAHAN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK KOSMETIK IMPOR KOREA (Pada Masyarakat Muslim Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) , September.

Semmaila, B., & Muchlis, N. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pemahaman dan Kesadaran Halal Pengguna Jasa Makanan Online. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 616–622. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2498

Shinta Rizki Amelia. (2024). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pegawai Mixue Kecamatan Bandung Kidul. 6681(7), 1483–1491.

Sulistyani, R. D. (2024). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X Halaman 172-188. 7, 172–188.

Wibasuri, A. (2020). Measurement Social Media Marketing dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Belanja Online Shopee. Prosiding Seminar …, 68–78. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/psnd/article/view/2564%0Ahttps://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/download/2564/1175

Willy. (2020). Rancangan Decision Support Systems Untuk Divisi Pembelian PT. S. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 41–56.

Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018

Zaman, B., & Faraby, M. E. (2023). Analisis Kesadaran Halal Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Di Sekitar Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 882–892. https://doi.org/10.30651/justeko.v7i2.20470

Published
2024-12-27
How to Cite
Bariroh, N., & Faraby, M. E. (2024). Pengaruh Halal Awareness dan Halal certification Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Keislaman UTM Pada Produk Mixue. EKSISBANK (Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan), 8(2), 148-163. https://doi.org/10.37726/ee.v8i2.1292