Sistem Penjualan Di PT. Hae Indo Chemical Cikopo Purwakarta

  • Mila Aprilianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Rahma Ngaisah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Sistem Penjualan,, Tunai,, Kredit

Abstract

Sistem penjualan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang efektif dan efisien untuk membantu peningkatan dan kemajuan perusahaan. Dengan semakin meningkatnya kemajuan perusahaan dalam sistem penjualan akan lebih cepat dan mudah untuk menaikkan laba dan penerimaan kas bertambah sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan mengurangi kerugian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui system penjualan tunai dan untuk mengatahui penjualan kredit di PT. Hae Indo Chemical Cikopo Purwakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan proses teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Dalam sistem penjualan di perusahaan ini menggunakan sistem penjualan secara manual atau offline. Seperti proses pembayaran, Pengemasan, Dokumen-dokumen yang diperlukan, Penentuan harga, dan Proses pengiriman. Dengan adanya hasil penelitian ini memungkinkan perusahaan yang baru berjalan 2 tahun ini bisa menjadi perusahaan yang lebih maju dan besar dengan sangat cepat

References

Aini, Yenny Kuratul, and Wadhan Wadhan. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah Pada BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.” IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3, no. 2 (2016): 278–289.

Anggraeni, Siti, and Ina Rayana. “Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Dengan Perbaikan Sistem Akuntansi Penjualan.” JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi) 1, no. 1 (2017): 60–69.

Angipora, Marius P. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Arifin, Ali. “Seni Menjual (Perspektif Bisnis, Ide-Ide Penjualan Serta Strategi Pemasaran).” Penerbit Andi, Yogyakarta (2005).

Arifin, Zainal. “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Penjualan Pada Perusahaan PT. Purana Parasindo.” Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 7, no. 1 (2016): 12–22.

Aziz, Abdul. Ekonomi Islam: Analisis Mikro Dan Makro. Tangerang: Graha Ilmu, 2008.

Cahyono, Heru. “Konsep Pasar Syariah Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.” Ecobankers: Journal of Economy and Banking 1, no. 2 (2020): 14–27.

Cahyono, Susanti Aprillia, Bramantya Bramantya, and Ryan Sutanto. “Perancangan Promosi Amelia Cake & Bakery Di Surabaya.” Jurnal DKV Adiwarna 1, no. 6 (2015): 12.

Darbi, Ahmad, and Siti Fariza. “Analisis Penjulan Rempeyek Jangkrik Perspektif Ekonomi Islam.” Hukum Islam 15, no. 2 (2015): 270–285.

Daud, Rochmawati, and valeria mimosa Windana. “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer Pada Perusahaan Kecil Studi Kasus PT Trust Technology.” JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA 12 (2014): 17–28.

Fauziah, Siti Ulfah, Kudang Boro Seminar, Irman Hermadi, and Nugraha Edhi Suyatma. “Sistem Pendukung Keputusan Penyedia Dokumen Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal Menurut LPPOM-MUI.” Jurnal Teknologi Industri Pertanian 27, no. 3 (2017).

Haryanto, Rudy. “Sistem Ekonomi (Kajian Komparatif Antara Sistem Ekonomi Kapitalis Dan Islam).” Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial 3, no. 1 (2019): 63–80.

Hayani, Nurahmi. “Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi.” Pekanbaru: Suska Press, 2012.

Hendari, Henny, I Gusti Made Karmawan, and others. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan.” PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis) 1, no. 03 (2009).

Khaer, Misbakhul, and Ratna Nurhayati. “Jual Beli Taqsith (Kredit) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam.” AL MAQASHIDI 2, no. 1 (2019): 99–110.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Ed. Jakarta: Erlangga, 2009.

Mujiatun, Siti. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam: Salam Dan Istisna’.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 13, no. 2 (2014).

Nasrun, Haroen. Fiqh Muamalah. 2nd ed. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.

Natadiwirya, Muhandis. Etika Bisnis Islam. Jakarta: Granada Press, 2007.

Pasaribu, Ika Mary. “Tinjauan Tentang Sistem Penjualan Aluminium Ingot Pada Pt (Persero) Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Kuala Tanjung.” Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu 4, no. 1 (2018).

PT. Hae Indo Chemical. Company Profile. Jakarta: PT. Hae Indo Chemical, 2018.

Rahman, Arif. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010.

Rahmi, Ain. “Mekanisme Pasar Dalam Islam.” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 4, No (2015).

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sygma Examedia Arkanlemma, 2009.

Riswaya, Asep Ririh. “Sistem Penjualan Tunai Dan Kredit Property Di PT Sanggraha Property.” Jurnal Computech & Bisnis 7, no. 2 (2013): 106–116.

Saprida, Saprida. “Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli.” Mizan: Journal of Islamic Law 4, no. 1 (2018).

Shobirin, Shobirin. “Jual Beli Dalam Pandangan Islam.” BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 3, no. 2 (2016): 239–261.

Soenarjo. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jakarta: Serajaya Sentra, 1987.

Sopiah, Syihabudhin. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.

Stanton, William J. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.

Susiawati, Wati. “Jual Beli Dan Dalam Konteks Kekinian.” Jurnal Ekonomi Islam 8, no. 02 (2017): 171–184.

Suyanto, Muhammad. Muhammad Business Strategy and Ethics. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

Swastha, Basu. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2010.

Tantri, Francis, and Thamrin Abdullah. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2019.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2000.

Utama, Aditya W. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penundaan Pengiriman Barang Melalui Jalur Laut.” jurnal citra widya edukasi 10, no. 2 (2018): 97–108.

Wahjono, Sentot Imam. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Wardani, Winda Kusuma. “Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Dan Penerimaan Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis 12, no. 1 (2014).

Widiasari, Susi. “Perilaku Pedagang Grosir Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah 8, no. 2 (2020).

Zulkarnain. Ilmu Menjual (Pendekatan Teoritis & Kecakapan Menjual). 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Published
2021-10-03
How to Cite
Aprilianti, M., & Ngaisah, R. (2021). Sistem Penjualan Di PT. Hae Indo Chemical Cikopo Purwakarta. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 1(2), 47-75. https://doi.org/10.37726/jammiah.v1i2.182