Prosedur Pembiayaan Kepemilikan Kendaraan Bermobil iB Di PT. Bank BRI Syariah KC Purwakarta

  • Muhamad Ramdani Zaelani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Riski Siti Nurjanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Pembiayaan,, Persetujuan,, Take Over

Abstract

Perbankan merupakan Bank yang menggunakan prinsip syariah dalam menjalankan kegiatan usahanyan dimana landasan hukum dijaalankan prinsip syariah mengacu kepada Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan  Penelitian ini di untuk mengetahui Prosedur Pembiayaan KKB iB di Bank BRI Syariah KC Purwakarta. Penelitian ini juga mengkaji terkait persetujuan pembiayaan kredit terhadap nasabah, pindah alih kepemilikan (Take over) pada Bank BRI Syariah KC Purwakarta. Termasuk juga strategi mengenai metode yang dilakukan untuk pemberian pembiayaan kredit kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan proses teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dokumentasi di lapangan.

References

Dewi, Ernanda Kusuma, and Ayu Astari. “Peran Pembiayaan Mudharabah Dalam Pengembangan Kinerja Usaha Mikro Pada BMT (Baitul Maal Wat Tamwil).” Law and justice 2, no. 2 (2018): 113.

Juliana. “Take Over Ke Bank Syariah ( Studi Kasus Pada Perbankan Syariah Di Kota Lhokseumawe ).” Jurnal Kajian Ekonomi Islam 1, no. 1 (2019): 29–50.

Khoirunisa, Ulfah. “Penanggulangan Kredit Macet Pada Pembiayaan Murobahah Di Bank BRI Syariah KCP. Cianjur.” Hukum Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2018): 73–75.

Moh Winario, Irawati, Hasgimianti, Emilia Susanti. “Analisis Penerapan Pembiayaan Akad Murobahah Bank BRI Syariah (BRI Syariah) Pekanbaru.” Journal of Chemical Information and Modeling 3, no. 9 (2020): 16–38.

Mufid, Moh, and others. Filsafat Huku Ekonomi Syariah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Akad-Akad Muamalah Kontemporer. DKI Jakarta: Prenada Media, 2021.

PT. Bank BRI Syariah Tbk. “KKB IB BRI Syariah.” Brisyariah.Co.Id.

Sabri Nurdin, Rafiqoh, Diana Indriani Labuda. “Analisis Perbandingan Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Bank BRI Konvensional Dan Pembiayaan Murobahah Pada Bank BRI Syariah Samarinda.” Jurnal Eksis 16, no. 1 (2020): 1–15.

Sholihin, Ahmad Ifham. Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Yasman, Rudi, and Afriyeni Afriyeni. “Prosedur Pemberian Kredit Pada PT. Bank Pekreditan Rakyat (BPR) Jorong Kampung Tangah (Jkt) Pariaman Cabang Padang.” Jurnal Eksis, no. 7 (2019): 1–9.

Published
2021-09-30
How to Cite
Ramdani Zaelani, M., & Siti Nurjanah, R. (2021). Prosedur Pembiayaan Kepemilikan Kendaraan Bermobil iB Di PT. Bank BRI Syariah KC Purwakarta. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 1(2), 1-12. https://doi.org/10.37726/jammiah.v1i2.181