Analisis Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola perdagangan global, namun sebagian besar pedagang di Pasar Bojong Purwakarta, belum memanfaatkannya secara optimal. Sehingga promosi produk kurang menarik dan peluang pasar terlewat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemasaran melalui media sosial pada pedagang muslim, dan menganalisis tingkat penjualan melalui media sosial pada pedagang muslim Pasar Bojong Purwakarta. Penelitian menggunakan kualitatif bersifat deskriptif, dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria usia (20 tahun ke atas), latar agama Islam, penggunaan media sosial (Instagram, Facebook, WhatsApp, TikTok) untuk pemasaran, dan pengalaman berdagang minimal 1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemasaran melalui media sosial pada pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta masih bersifat dasar dan belum optimal. a) Product: Sebagian besar pedagang muslim Pasar Bojong mengunggah foto/video tanpa deskripsi yang memadai. b) Price: Terdapat perbedaan harga antara penjualan online dan langsung, dengan harga online cenderung lebih mahal karena biaya pengiriman. c) Place: Pembelian di media sosial dominan melalui Cash On Delivery (COD). d) Promotion: Mayoritas pedagang menggunakan WhatsApp sebagai media utama untuk promosi. 2) Tingkat penjualan pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta melalui media sosial menunjukkan kecenderungan peningkatan secara bertahap, didorong oleh: a) Biaya yang terbatas menghambat promosi berbayar, sehingga pedagang mengandalkan metode promosi gratis, b) Permintaan meningkat pada momen tertentu namun masih berubah-ubah, c) Persaingan sehat mendorong kreativitas, meski literasi digital masih rendah; dan d) Harga Jual disesuaikan secara fleksibel, didukung oleh diskon dan promo yang menarik minat konsumen.
References
Abidin Achmad, Zainal, Thareq Zendo Azhari, Wildan Naufal Esfandiar, Nafila Nuryaningrum, Anisah Farah Dhilah Syifana, and Indah Cahyaningrum. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10, no. 1 (2020): 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31.
Adha, Suhroji. “Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jipis 31, no. 2 (2022): 134–48.
Aisyah, Siti. “Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran (Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan.” Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition) 3, no. 2 (2022): 198–206.
Amilia, Fitri, Gitta Rowindi, and Syahrul Mubaroq. “Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Lembaga Pendidikan.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 5 (2022): 1141–47.
Ariyanto, Aris, Rejeki Bangun, Muhamad Rifqi Min Indillah, Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, Dienni Ruhjatini Sholihah, Maya Ariyanti, Euis Widiati, et al. “Manajemen Pemasaran,” 2023.
Asmarandana, Bayu. “Hasil Wawancara Terkait Profil Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Asysyifaa, Wa Ode Nur, Asrip Putera, Triwulandari Nehru Putri, and others. “Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 16, no. 2 (2024): 38–47.
Awaliyah, Chica, Dini Angraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7868–74.
Azam, Ahmad Muflih, M M SE, and others. Kualitas Pelayanan Dalam Menjamin Kepuasan Pelanggan. Penerbit Widina, 2025.
Basid, Izza Al Maghfira, Nuruddina Islamiyah, Rizqia Awalia Zuleika, Annisa Inka, Sonja Andarini, and Indah Respati Kusumasari. “Peran Teknologi Informasi Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Economics And Business Management Journal (EBMJ) 3, no. 01 (2024): 71–76.
Bukido, Rosdalina, Adila Afifah Mampa, and Ridwan Jamal. “Etika Bisnis Islam Dalam Perilaku Bisnis Pedagang Muslim Makassar Kota Manado.” Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics 2, no. 2 (2022): 114–31.
Efu, Agustinus, and Ture Simamora. “Karakteristik Peternak Dan Dukungan Penyuluhan Dalam Mendukung Kemampuan Manajerial Beternak Sapi Potong Di Desa Oepuah Utara.” Jurnal Agribisnis Lahan Kering 6, no. 1 (2021): 22â.
Fadilah, Nur. “Konsep Kesejahteraan Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1, no. 1 (2020): 49–67.
Fitri. “Hasil Wawancara Terkait Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Fitriani, Yuni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) 5, no. 4 (2021): 1006–13.
Guftiana, Ranti Vira, Jalaludin Jalaludin, Siti Rohmat, and Ivan Fanani Qomusuddin. “Analisis Bauran Pemasaran Produk Jahe Merah Merek An-Nuroniyah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” Jama (Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis) 1, no. 2 (2024): 297–321.
Hartati, Tati, Jalaludin Jalaludin, Imam Sucipto, and Sulistianingsih Sulistianingsih. “Analisis Strategi Pemasaran Islami Pada Home Industry Sasoku Purwakarta.” Jama (Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis) 1, no. 2 (2024): 169–82.
Hartati, Tati, Imam Sucipto, and Bambang Sutrisno. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Vegetables Al-Muhajirin Farm.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 3, no. 1 (2023): 1–27.
Hawa, Adzka Ainil, Aprilia Indah Anggriani, Asha Novadka Devi, Fawati Titi Suyana, Rabi’ah Ayu Fitria, and Febriyani Febriyani. “Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Al-Anbiya: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, no. 1 (2023): 49–65.
Herdiyani, Sankist, Cecep Safa’atul Barkah, Lina Auliana, and Iwan Sukoco. “Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review.” Jurnal Administrasi Bisnis 18, no. 2 (2022): 103–21.
Heryadi, D Yadi, Dhiana Ekowati, and Dhety Chusumastuti. “Pengaruh Kehadiran Media Sosial, Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Di Jawa Barat.” Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen 5, no. 1 (2023): 94–107.
Husen. “Hasil Wawancara Terkait Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Imas. “Hasil Wawancara Terkait Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Istiqomah, Nur Hidayatul. “Transformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing: Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis.” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam 4, no. 2 (2023): 72–87.
Jalaludin, Jalaludin, Siti Nurhasanah, and Dadang Dadang. “Pendampingan Branding Dan Pemasaran Islami Jasa Service Elektronik Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” Jurnal Istima (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 2 (2024): 108–28.
Joesoef, Hermanto. “Manajemen Krisis Dalam Organisasi: Pengalaman Pemimpin Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Implikasinya Terhadap Keberlanjutan Usaha.” Tartib: Jurnal of Educational Management 4, no. 1 (2025): 33–55.
Kabupaten Purwakarta, Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan. “Kajian Pengembangan Potensi Pasar Tradisional Di Kabupaten Purwakarta.” PT.Andra Cipta Consult, 2019, 1–120.
Ketjil, Mohamad Iman A, Vecky A J Masinambow, and Jacline I Sumual. “Peran Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Bolang Itang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 22, no. 8 (2022): 37–48.
Kotler, Philip. “The Role Played By The Broadening Of Marketing Movement In The History Of Marketing Thought.” Journal of Public Policy and Marketing 24, no. 1 (2005): 114–16. https://doi.org/10.1509/jppm.24.1.114.63903.
Li, Zihan, and Yi Yu. “The Impact of Nike’s Social Media Marketing Strategy on Consumer Demand.” Advances in Economics, Management and Political Sciences 38, no. 1 (2023): 172–78. https://doi.org/10.54254/2754-1169/38/20231908.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J Waani, and Jouke J Lasut. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.” Jurnal Ilmiah Society 2, no. 1 (2022).
Masripah, Imas, and Nila Nurochani. “Strategi Pemasaran Islami Terhadap Tingkat Penjualan Busana Muslim Di Toko Hijab Bilqis Ciamis.” Jurnal Ekonomi Rabbani 1, no. 1 (2021): 70–78.
Melania, Farah Avista, and Ahmad Ajib Ridlwan. “Pengaruh Penerapan Etika Pemasaran Islami Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Chiztikk Surabaya).” Iqtisaduna 8 (2022): 43–56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069.
Mentari, Novi Mustika, Jalaludin Jalaludin, Rina Nurhayati, and Riki Yakub. “Penyuluhan Edukatif: Pentingnya Branding, Pemasaran Digital Syariah, Dan Plotting Lokasi Usaha Kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 36–54.
Misra, Isra, Diah Wulandari, and Ely Rahma. “Manajemen Pemasaran: Konsep Dan Teori.” K-Media, 2024.
Musa, Hussein Gibreel, Indah Fatmawati, Nuryakin Nuryakin, and M. Suyanto. “Marketing Research Trends Using Technology Acceptance Model (TAM): A Comprehensive Review of Researches (2002–2022).” Cogent Business and Management 11, no. 1 (2024). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2329375.
Muslim, Aziz. “From Traditional Trade to E-Commerce: Case Analysis on Empowerment of Conventional Market Traders in Yogyakarta.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan 7, no. 1 (2023): 37–52.
Ningrum, Harini Fajar. Pemasaran Bisnis Era Digital. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2020.
Nurdin, Maolina. “Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting Di Instagram Pada Masyarakat Surabaya.” Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation 1, no. 2 (2021): 89–101.
Oktapiya, Kapiyah, Jalaludin Jalaludin, and Asep Dede Kurnia. “Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri Di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 4, no. 2 (2024): 127–74.
Pasha, Alif, Destianti Lestari, Benward Yehezkiel Napitu, Dhea Amanda, Abang Azzidan Khatami, Habib Agil Munawar, Anjas Pratama, and Tiara Fitari. “Pemanfaatan Sosial Media Marketing Dalam Membangun UMKM HR-TEA.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen 3, no. 4 (2024): 362–71.
Perdagangan, PSDI Kementerian. “Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023,” 2024, 1–8.
Pertiwi, Dwi Indah, Nurbaiti Nurbaiti, and Budi Dharma. “Strategi Pedagang Tradisional Pakaian Fashion Muslim Dalam Menghadapi Transformasi Digital Bisnis.” Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 7, no. 3 (2024): 282–93.
Pervez, Amber. “Content Creation and Distribution : Navigating the Digital Landscape of the 21 St Century Abstract.” Global Media Jurnal 22 (2024): 1–3. https://doi.org/10.36648/1550-7521.22.72.464.
Prihadi, Deddy, and Yana Mulyana. “Efektivitas E-Commerce Dan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional.” Jurnal Ilmiah FIFO 11, no. 1 (2019): 31–40.
Rahayu, Julianti Sawitri, Mohammad Fahrizal, Siska Rahmayanti, and Mila Sari Oktapianti. “Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM Desa Jatimekar Jatiluhur Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 88–99.
Rahmawati, Nur, Muslichatun Muslichatun, and M Marizal. “Kebebasan Berpendapat Terhadap Pemerintah Melalui Media Sosial Dalam Perspektif UU ITE.” Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum 3, no. 1 (2021): 62–75.
Rahmayanti, Nida Putri. “Pengaruh Marketplace Dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin.” Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen 10, no. 1 (2023): 28–36.
Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 213–23.
Reski, Reski. “Resiliensi Pedagang Pakaian Di Pusat Niaga Palopo Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Online Shop.” IAIN Palopo, 2025.
Rosita. “Hasil Wawancara Terkait Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Sharabati, Abdel-Aziz Ahmad, Ahmad Ali Atieh Ali, Mahmoud Izzat Allahham, Alhareth Abu Hussein, Ahmad Fathi Alheet, and Abdelaziz Saleh Mohammad. “The Impact of Digital Marketing on the Performance of SMEs: An Analytical Study in Light of Modern Digital Transformations.” Sustainability 16, no. 19 (2024): 8667.
Soleha, Ayu. “Teori Dasar-Dasar Pemasaran.” Jurnal Pusdansi 1, no. 12 (2022).
Sope, Akbar Saleh. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan.” JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi 1, no. 2 (2023): 87–100.
Sudaryono, Sudaryono, Efana Rahwanto, and Ratna Komala. “E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 2, no. 02 (2020): 110–24.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Suriani, Nidia, M Syahran Jailani, and others. “Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan.” Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 24–36.
Syafitri, Mega Novita, Rania Salsabila, and Fitri Nur Latifah. “Urgensi Sertifikasi Halal Food Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 10, no. 1 (2022): 16–42.
Taopik. “Profil Pasar Tradisional Desa Bojong Barat Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.” Purwakarta, 2025.
Trena, Pratami Wulan, Rivani Rivani, Healthy Nirmalasari, Zahnaz Mutiara Bintang Bekti, Rani Sukmadewi, and Nurillah Jamil Achmawati Novel. “Digitalisasi Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Umkm Kabupaten Purwakarta Pada Era New Normal.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 2 (2023): 303–8.
Utami, Ni Kadek Yuni, I Gusti Ayu Made Regina Bintang, I Putu Suyoga, and others. “Revitalisasi Pasar Induk Sayur Mayur Baturiti Dengan Konsep Open Flowing Market.” Waca Cipta Ruang 11, no. 1 (2025): 24–31.
Waheed, Shahzaib. “Content Marketing Strategy for a Digital Marketing Company X,” 2022.
Wijaya, Yunica Ira, Sri Nuringwahyu, and Dadang Krisdianto. “Pengaruh Harga, Promosi Melalui Media Sosial Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pakaian (Studi Pada Konsumen Ramayana Dinoyo).” JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis) 11, no. 1 (2022): 223–32.
Winda. “Hasil Wawancara Terkait Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Pedagang Muslim Pasar Bojong Purwakarta.” 2025.
Windi, Panca, and Mansur Chadi Mursid. “Pentingnya Perilaku Organisasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital.” Jurnal Logistik Bisnis 11, no. 2 (2021): 71–77.
Yuda, M Bhakti Wira. “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pelaksanaan Akad Sewa Menyewa Lapak Dagang Di Kambang Iwak Kota Palembang.‖.” Skripsi Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Fatah Palembang, 2023.
Yusup, Ainiyah Hidayanti, Asma Azizah, Endang Sri Rejeki, Meliza Silviani, Ending Mujahidin, and Rudi Hartono. “Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial.” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi 3, no. 5 (2023).
Zamzam, H Fakhry, and Havis Aravik. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish, 2020.