Pendampingan Pemasaran Dan Branding Produk UMKM Keripik Pisang Di Desa Sukajadi Kec. Pondok Salam Purwakarta
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah sektor yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Saat ini semakin banyak bermunculan UMKM yang mencoba untuk memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat. Salah satu UMKM yang berkembang di Desa Sukajadi adalah UMKM Keripik Pisang. Permasalahan yang dialami oleh UMKM keripik pisang yang berada di Desa Sukajadi Kec. Pondok Salam Purwakarta salah satunya adalah tampilan kemasan atau produk yang masih sederhana, serta proses pemasaran dan promosi produk yang selama ini masih dilakukan secara manual dan terbatas karena hanya mengandalkan informasi dari perseorangan. Selama ini penjualan yang dilakukan oleh UMKM keripik pisang hanya fokus dengan berjualan ditempat saja, yaitu mengandalkan penjualan hanya yang kenal saja, dan melakukan pemasaran secara offline. Tujuannya untuk memaksimalkan Pemasaran Dan Branding Produk UMKM Keripik Pisang Di Desa Sukajadi Kec. Pondok Salam Purwakarta dari sistem tradisional dibantu dengan sistem digital, serta melakukan rebranding tampilan produk dari tampilan sederhana menjadi tampilan kemasan yang menarik. Metode yang digunakan PKM ini menggunakan metode penyuluhan/sosialisasi, pemberian materi, rebranding label, pendampingan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, bahwa UMKM Keripik Pisang di Desa Sukajadi Kec. Pondok Salam Purwakarta sudah mengetahui pentingnya citra merek dan pemasaran produk secara online. Hasil evaluasi menunjukan bahwa UMKM Keripik Pisang telah mempunyai Branding kemasan produk yang unik dan akan mudah di kenal oleh konsumen baru, serta pemasaran UMKM Keripik Pisang telah menggunakan 2 cara yakni menjajakan dan memasarkan juga di media Whatsapp.
References
Abidin Achmad, Zainal, Thareq Zendo Azhari, Wildan Naufal Esfandiar, Nafila Nuryaningrum, Anisah Farah Dhilah Syifana, and Indah Cahyaningrum. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10, no. 1 (2020): 17–31.
Fitrianingsih, Feti, M Sofian Syauri, and Jalaludin Jalaludin. “Pendampingan Pemasaran Dan Branding Produk UMKM Simping Di Desa Mekargalih Kec. Jatiluhur Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 142–152.
Hidayati, Nurul Fahma. “Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Di Desa Ngaringan.” KREASI : Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 226–236.
Jalaludin, Jalaludin, Fahrurrohman Fauzy, Dewi Nurapiah, and Fitri Apriani. “Pendampingan Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM Melalui Penggunaan Media Sosial Di Desa Cikumpay Kabupaten Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 25–37.
Mentari, Novi Mustika, Jalaludin Jalaludin, Rina Nurhayati, and Riki Yakub. “Penyuluhan Edukatif: Pentingnya Branding, Pemasaran Digital Syariah, Dan Plotting Lokasi Usaha Kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 36–54.
Ocktavia, Fika Dwi, Jalaludin Jalaludin, Faridha Nurazizah Yr, and Syifa Aulia Nurahmah. “Pendampingan Branding Dan Pemasaran Islami UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 55–82.
Rezky, Syarifah Fadillah, Rita Hamdani, Devri Suherdi, Kamil Erwansyah, Erika Fahmi Ginting, and Pandi Barita Nauli Simangunsong. “Branding UMKM Untuk Meningkatkan Potensi Promosi Dan Penjualan Secara Mandiri.” Abdimas Iptek 1, no. 1 (2021): 39–44.
Samihardjo, Rosalin, Sri Lestari, and R A E Virgana. “Pelatihan Digital Marketing ‘ Branding ’ Bagi Dunia Usaha” 1, no. 12 (2023): 1776–1779.
Sutoni, Akhmad, and Dwi Indrawati. “Konsep Pengembangan Inovasi Simping, Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.” IKRA-ITH ABDIMAS 3, no. 3 (2020): 206–215.
Suwarni, Emi, and Maidiana Astuti Handayani. “Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas.” Mbia 19, no. 3 (2021): 320–330.
Tripramudi, Agung, Jalaludin Jalaludin, Moch Cahyo Sucipto, and Toni Arif Fauzi. “Sosialisasi Penggunaan Marketplace Tokopurwakarta. Com Kepada UMKM Di Desa Benteng Kecamatan Campaka Kab. Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 108–115.
Triyanto, Wiwit Agus. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas.” Indonesian Journal on Networking and Security 6, no. 3 (2017): 63–67.