Penyuluhan Edukatif : Pentingnya Branding, Pemasaran Digital Syariah, Dan Plotting Lokasi Usaha Kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta

  • Novi Mustika Mentari STIES Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin STIES Indonesia Purwakarta
  • Rina Nurhayati STIES Indonesia Purwakarta
  • Riki Yakub STIES Indonesia Purwakarta

Abstract

PKM ini dilatar belakangi hasil observasi tim PKM menemukan beberapa fenomena unik terkait UMKM yang ada di Desa Cibatu yaitu Bioflok, salah satunya lahan yang digunakan oleh UMKM Bioflok Desa Cibatu dengan pemanfaatan lahan yang terbatas. Fenomena kedua, pemanfaatan lahan bioflok tahan terhadap cuaca, karena cuaca di semua lokasi UMKM Bioflok Desa Cibatu hampir rata-rata panas yang dikelilingi oleh kawasan industri atau pabrik. Fenomena ketiga, tidak terdapat media periklanan yang menunjukan lokasi UMKM Bioflok tersebut. Fenomena Keempat, dari sekian banyak UMKM Bioflok Desa Cibatu yang sudah menggunakan pemasaran digital baru 1 UMKM saja, itu pun baru menggunakan media facebook. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini untuk melakukan penyuluhan edukatif pentingnya branding, pemasaran digital syariah , dan Plotting lokasi usaha kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta. PKM ini menggunakan metode penyuluhan dan diskusi. Hasil PKM ini dapat disimpulkan bahwa penyuluhan edukatif pentingnya branding, pemasaran digital syariah, dan Plotting lokasi usaha kepada UMKM Bioflok telah mencapai tingkat memahami 95% terhadap pentingnya branding spanduk untuk mempromosikan produknya, 87,5% sudah memahami dan menggunakan media digital promosi whatshapp dan Instagram, dan 92,5% sudah memahami terhadap pentingnya penambahan lokasi usaha di Google Maps, serta lokasi UMKM Bioflok telah terdaftar di google maps.

References

Admin. “Bupati Anne Dorong Digitalisasi UMKM Purwakarta.” Https://Purwakartakab.Go.Id/. Last modified 2023. Accessed March 18, 2024. https://purwakartakab.go.id/read/2475.

Ainun, Nurul, Rian Maming, and Altri Wahida. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM.” Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 6, no. 1 (2023): 674–681.

Ainurrofiqin, Moh. 99 Strategi Branding Di Era 4.0: Kupas Tuntas Metode Jitu Membangun Citra Baik, Meyakinkan Pelanggan, Dan Membangun Kesadaran Merek. Edited by Arif Ishartadi. Yogyakarta: Quadrant, 2021.

Al-Afghan, Ahmad Yusuf Kholis. “Strategi Pemasaran PT. Takaful Indonesia Cabang Yogyakarta Tahun 2011” (2012).

Ambiya, Qorry, Siti Nur Asiah, and Nur Ngafiah. “Roleta (Roemah Lele Tarikan): Upaya Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melaui Diversifikasi Produk Olahan Ikan Lele Berbasis Digital Marketing.” Nusantara Hasana Journal 2, no. 9 (2023): 26–30.

Atom. “Sejarah Desa Cibatu Purwakarta.” Https://Kartacibatupwk.Blogspot.Com/. Last modified 2015. Accessed March 5, 2024. https://kartacibatupwk.blogspot.com/2016/03/desa-cibatu-adalah-sebuah-desa-di.html.

Aushafina, Nadhiya Hana, and Ira Wikartika. “Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem Melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM.” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 4, no. 3 (2023): 477–483.

Darmayanti, Stovika Eva, and Udik Budi Wibowo. “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 2 (2014): 223–234.

Evelina, Lidya Wati, and Fitrie Handayani. “Penggunaan Digital Influencer Dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram@ Bylizzieparra).” Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 1, no. 01 (2018): 71–82.

Gustaman, Randy Fadillah, Romy Faisal Mustofa, Defri Mulyana, and Ahmad Hamdan. “Penggunaan Teknologi Akuakultur Sistem Bioflok Dalam Proses Produksi Pembesaran Ikan Konsumsi Di Lahan Sempit.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 1, no. 4 (2023): 148–152.

Handajani, Lilik, Lalu Muhammad Furkan, Ahmad Rifa’i, and others. “Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Abdi Insani 6, no. 3 (2019): 409–421.

Hendriadi, Ade Andri, Betha Nurina Sari, and Tesa Nur Padilah. “Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Di Kabupaten Karawang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-DINAMIKA) 4, no. 2 (2019): 120–125.

Jalaludin, Jalaludin, Muhamad Iqbal Hoerudin, and Tri Mutiara Anaya. “Sosialisasi Pemasaran Islami Kepada Petani Ikan Lele Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 20–40.

Kurnia, Halida. “Teknik Pembenihan Ikan Lele Masamo (Clarias Sp.) Dengan Metode Clear Water System Di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (Bluppb) Karawang, Jawa Barat.” Universitas Airlangga, 2017. https://repository.unair.ac.id/62720/.

Kusuma, Vincentius A M, Zainal A Sahabuddin, and Posma S J K Hutasoit. “Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.” Jurnal cafetaria 3, no. 1 (2022): 24–35.

Kusumoputri, Retno Adityarini, and Novian Denny Nugraha. “Perancangan Identitas Dan Kemasan Pada Produk Ikan Nila Pt. Indoachery Bangun Insan Sejahtera.” eProceedings of Art & Design 6, no. 2 (2019).

Lestari, Ayuk Sri, Novita Wahyuningsih, Nindita Maharani, Lucky Sanjaya, Ardian Prima Putra, and Ainur Khomariah. “Penggunaan Aplikasi Google Maps Dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran.” Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian 2, no. 3 (2022): 887–894.

Maytanius, Jerry, Haris Wahyudi, Ricky Lim, Anthony Sentoso, and others. “Analisis Digital Marketing UMKM Creativ.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4, no. 2 (2023): 1563–1567.

Pratiwi, Ananda Mega, and Abdur Rohman. “Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya.” Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 6, no. 1 (2023): 881–898.

Salamah, Salamah, and Zulpikar Zulpikar. “Pemberian Probiotik Pada Pakan Komersil Dengan Protein Yang Berbeda Terhadap Kinerja Ikan Lele (Clarias Sp.) Menggunakan Sistem Bioflok.” Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal 7, no. 1 (2020): 21–27.

Utami, Kadek Anggi Dian, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, and A.A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda. “Peningkatan Daya Saing Umkm Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2023): 1.

Published
2024-07-31
How to Cite
Mentari, N. M., Jalaludin, J., Nurhayati, R., & Yakub, R. (2024). Penyuluhan Edukatif : Pentingnya Branding, Pemasaran Digital Syariah, Dan Plotting Lokasi Usaha Kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36-54. https://doi.org/10.37726/adindamas.v4i1.1096