Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa FAI UMSU Menggunakan Dompet Digital

  • Novi Amelia Putri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Pani Akhiruddin Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Minat menggunakan dompet digital dinilai semakin hari semakin meningkat, bagi Mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara aplikasi Dompet digital memiliki daya tarik tersendiri sehingga memilih menggunakan aplikasi tersebut untuk menunjang kegiatan keseharian dengan berbagai fitur yang ada pada aplikasi tersebut yang dapat memberikan efisiensi dalam kegiatan bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa FAI UMSU untuk menggunakan dompet digital. Melalui jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang nasabah pada Bank Digital Syari’ah Indonesia. Data yang memperoleh diolah oleh SPSS 21.0 for windows Hasil dari penelitian ini adalah :1) Variabel Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mahasiswa FAI UMSU menggunakan dompet digital, Pernyataan tersebut berdasarkan hasil pengujian t-Sig. dengan nilai sebesar sebesar 0,027 ≤ 0,05. 2). Variabel Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mahasiswa FAI UMSU menggunakan dompet digital, Pernyataan tersebut berdasarkan hasil pengujian t-Sig. dengan nilai sebesar,006 ≤ 0,05. 3). Variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mahasiswa FAI UMSU menggunakan dompet digital, pernyataan tersebut berdasarkan hasil pengujian t-Sig. dengan nilai sebesar sebesar sebesar 0,032 < 0,05. Sedangkan hasil pengujian simultan (F) diperoleh Fhitung sebesar 41.875 dan probabilitas sebesar 0,000. Karena sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan jika variable kemudahan, keamanan, pengetahuan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat mahasiswa FAI UMSU menggunakan dompet digital.

References

Abidzar, M., Indriayu, M., & Hindrayani, A. (2023). Pengaruh Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surakarta. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7 (2).

Akbar, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan QRIS Pada UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Di Kota Bandar Lampung) [Doctoral dissertation]. UIN Raden Intan Lampung.

Almurni, S., Fatin, A. S., & Mustika, M. (2023). Pengaruh Electronic Banking dan Electronic Money Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal STEI Ekonomi, 32(1), 30–45.

A’raf, S. (2015). Dinamika Keamanan Nasional. Jurnal Keamanan Nasional, 1 (1).

Ardianto, K., Azizah, N., & Risiko, P. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23 (1).

Batubara, S. S., Pulungan, D. R., & Yenty, M. (2020). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20 (1), 23–37.

Bilqis, S. U., & Fietroh, M. N. (2024). Dompet Digital DANA: Kepuasan Pengguna melalui Peran Kualitas Layanan, Persepsi Kemudahan, dan Keamanan.: Pengaruh kualitas layanan, persepsi kemudahan dan keamanan terhadap kepuasan pengguna dompet digital DANA (studi pada mahasiwa Universitas Teknologi Sumbawa. In Proceeding Of Student Conference, 2 (5).

Brahmanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan, risiko terhadap minat menggunakan ulang shopeepay di Surabaya. Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7 (2).

Caroline, C. C., & Hastuti, T. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan M-Banking Berdasarkan Teori TAM. Jurnal KEUNIS (Keuangan Dan Bisnis), 9 (2).

Cupian, V. U., & Noven, S. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Bank Digital Syariah pada Generasi Z: Studi Kasus di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8 (2).

Dayyan, M. , N., & Bestari, U. D. A. (2022). Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan E-Banking Pada Bank Syariah Indonesia Di Kota Langsa. . . J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7 (4).

Dewi, M. , S. N., & Astria, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Kasus SMA Negeri 15 Medan). Kapital Deli Sumatera, 2 (2).

Diah, M. W. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah) [Doctoral dissertation]. UIN Raden Intan Lampung.

Effendy, F. (2020). Pengaruh Perceived Of Benefit Terhadap Niat Untuk Menggunakan Layanan Dompet Digital Di Kalangan Milenial. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15 (2).

Engko, C. , L. F. B., & Achmad, A. P. (2023). Pengaruh Pengetahuan Dan Minat Bertransaksi Menggunakan Layanan QRIS Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Variabel Mediasi. . . Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4 (1).

Farwitawati, R., & Masirun, M. (2021). Menumbuhkan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1).

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai dompet digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU. KomunikA, 17 (2).

Fitriyani, Y. (2021). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah di Kecamatan Ciputat. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gultom, J. R. , S. I., & Laksono, R. (2023). Peran kepercayaan dalam memediasi efek persepsi kemudahan dan persepsi nilai digital pada niat penggunaan kontinu e-payment. Jurnal Mediastima, 29 (1).

Hadi, S., & Novi, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking. Optimum: Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 5 (1).

Hartanto, M. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Berkelanjutan Yang Di Mediasi Oleh Sikap Penggunaan Pada Aplikasi Dompet Digital Ovo Dan Dana (Studi Komparasi Di Kota Pontianak). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2 (2).

Hayati, I., & Siregar, Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 1 (2).

Jamiah, N. , P. H., & Asmike, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada E-Wallet GoPay Di Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4 (2).

Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8 (2).

Kumala, I., & Mutia, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa. SEMNAS RISTEK: Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi, 4 (1).

Liotta, P. (2002). Boomerang Effect: The Convergence of National and Human Security. Security Dialogue, 1.

Maharani, T., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada BSI Ex Bsm). Jurnal Syarikah, 7 (2).

Malihah, L. , N. N., & Anwar, M. K. (2024). Pengaru Literasi Keuangan dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Santriwati MA Puteri Al-Amin Matapura. RIBHUNA: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3 (2).

Marliza. (2020). Aplikasi Dan Keunggulan E-Banking Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aceh Darussalam.

Maulia, N. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial, Fitur Layanan dan Efisiensi Terhadap Transaksi Mahasiswa Menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian) (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Nasir, M. , S. M. H., & Hasan, M. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan (Studi Kasus : PT. BANK SYARIAH INDONESIA, Tbk KC MAKASSAR 2). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 9 (1).

Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5 (1).

Permana, R. I. (2021). Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya. JATISI: Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informas, 8 (1).

Pisa, M. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital pada Mahasiswa IAIN Kudus (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Kudus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2019-2020) . IAIN Kudus.

Pohan, S. (2018). Financial Analysis for the Weak Economic Society to Increase the Member Economy at-BMT El-Munawar Medan Johor Unit (North Sumatra-Indonesia Province). Advances in Social Science, Education and Humanities Research: 5th International Conference on Community Development.

Pradesyah, R. (2024). DIGITAL MARKETING AND PRODUCT LITERACY ON GENERATION Z’ INTEREST IN USING SHARIA BANKS.

Prakoso, A., & Sumantika, A. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi dan Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Pengguna M-Banking. Jurnal Manajemen, 9 (2).

Prameswari, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU Medan). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 2 (2).

Prameswari, A. , H. D. N., & Bayani, L. N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UINSU Medan Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E- Wallet Pendahuluan Semenjak virus Covid-19 mewabah di Indonesia . Segala macam aktivitas masyarakat harus dibatasi untuk menekan penyebaran virus C. Jurnal Eko, 4.

Pratiwi, A. D. A. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Keikutsertaan dalam Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan, 4 (1).

Prayudi, G. (2022). Studi: Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan Untuk Membangun Kepercayaan dan Niat Menggunakan Kembali Layanan Mobile Banking. Media Sains Indonesia.

Pulungan, M. K. A., & Karmini, N. L. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 12 (2).

Rahmadani, S. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Aplikasi Dana Pada Generasi Milenial di Kecamatan Tanjung Pinang Timur. STIE Pembangunan Tanjung Pinang.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng . EconBank: Journal Economics and Banking, 2 (2).

Rahmi, A. , N. E., & Gafur, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Tik Tok, Dompet Digital, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Generasi Z Di Kota Banjarmasin. Al-Ujrah| Jurnal Ekonomi Syariah, 2 (1).

Sari, P. I., & Siregar, P. A. (2023). Pengaruh Produk, Promosi, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Siswa di BSI KCP Bagan Batu Rokan Hilir Riau (Studi Kasus SMA Al-Mujahidin). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10 (1).

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5 (2).

Siregar, P. A. (2020). Risiko Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 5 (1).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); ke 3).

Sukmawati, H., Farizal Rasyid, A., & Rachma Kurniaputri. (2021). ). Penerimaan dan Penggunaan Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah: Ekstensi Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7 (3).

Published
2024-12-29
How to Cite
Putri, N. A., & Siregar, P. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa FAI UMSU Menggunakan Dompet Digital. EKSISBANK (Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan), 8(2), 181-195. https://doi.org/10.37726/ee.v8i2.1331