Penerapan Pelayanan Islami Pada Customer service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara

  • Julianti Sawitri Rahayu Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara
  • Ahmad Saepudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Vikri Ganjar Anugrah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Pelayanan Islami, Customer service, Bank Syariah

Abstract

Customer service salah satu garda terdepan untuk memastikan nasabah mendapatkan pelayanan yang terbaik, tidak sedikit nasabah yang tutup rekening gara-gara pelayanan customer service yang tidak memuaskan nasabah. Maka dari pelayanan customer service menjadi salah satu pendukung terhadap keberlangsungan hidup bank syariah, apalagi lembaga bank syariah harus mampu menciptakan layanan-layanan yang berbasis islami atau syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pelayanan Islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara telah memenuhi prinsip-prindip pelayanan islami, seperti 1) Fathonah (profesional), customer service melayani nasabah menerapkan prinsip ramah, antusias, cepat memberikan solusi, empati, dan bertanggungjawab; 2) Amanah (Dapat dipercaya), Customer service melayani nasabah dengan duduk  tegak, condong kedepan, tidak bersandar; menjaga sikap antusias, ramah sopan; selalu tersenyum; nada bicara harus di jaga; kesan yang ramah dan tenang;  menepati janji dengan nasabah; 3) Siddiq (Jujur), Customer service menyampaikan informasi solusi, layanan, dan ketentuan dengan sebenar-benarnya; menyampaikan informasi benefit, fiture, dan persyaratan produk (call service dan brosur) dengan jujur; serta mencatat data nasabah dengan baik dan benar.,  4) Tabligh (Dapat menyampaikan), Customer service memastikan bantuan yang diberikan customer service sudah cukup, memastikan nasabah memahami dan menerima solusi yang di berikan customer service, customer service menawarkan bantuan lain, dan customer service memastikan nasbah tidak keberatan untuk di interupsi.

References

Anwar, Saiful, and Juni Karichnarsi. “Evaluasi Penggunaan SLiMS Oleh Pustakawan PDDI LIPI Selama Masa Work From Home.” Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 3, no. 04 (2021): 140–155.

Bank Syariah Indonesia. Petunjuk Teknis Operasional Service Quality Cabang PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Purwakarta: Bank Syariah Indonesia, 2021.

Delima, Isniyunisyafna Diah, and Nurul Aini Hafsah. “Strategi Komunikasi Customer Service JNE Tangerang Dalam Menangani Keluhan Pelanggan (Studi Kasus Kehilangan Barang Periode Desember 2019).” Interaksi Peradaban 1, no. 2 (2021).

Hastuti, Tuti. “Kualitas Pelayanan Dan Pola Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan Pada Bank Syariah.” Jurnal Manajemen dan Akuntansi 2, no. 1 (2013): 58–69.

Indriastuti, Anik M. Buku Pintar Tenses. Jakarta: WahyuMedia, 2009.

Kementerian Agama. Al-Qur’an Dan Terrjemahannya. Bogor: Lembaga Percetakan Al-Qur’an, 2010.

Kirnarata Ifandi (Nasabah). “Wawancara Tentang Pelayanan Customer Service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara,” 2021.

Marlius, Doni, and Izet Putriani. “Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan Cabang Painan Dilihat Dari Kualitas Layanan Customer Service.” Jurnal Pundi 3, no. 2 (2020): 111–122.

Mohamad Iqbal. “Strategi Pelayanan Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang : Perspektif Experiential Marketing,” 2019.

Muhammad, Nur. “The Effect of Service Quality on and Loyalty of Electronic Users Maal (E-Maal) Islamic Perspective at Basmalah Shops in Bondowoso Regency.” At-Turost: Journal of Islamic Studies 9, no. 1 (2022): 122–137.

Mukharomah, Mifnatul, and Mei Santi. “Etika Pelayanan Usaha Food Court Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Queen Resto Kelurahan Bago Tulungagung).” EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam 8, no. 01 (2021): 41–66.

Muliati, Trisya, Faizal Nurmatias, and Khairul Azmi. “Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Pada Restaurant Dr. Nia Baker Seafood N Steak House Di Kota Dumai.” Jurnal Al-Hisbah 2, no. 2 (2021): 1–15.

Octavia, Yenni, and Rinto Alexandro. “Efektivitas Customer Service (CS) Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Cabang Palangka Raya.” Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara 4, no. 1 (2020).

Purnamawati, Ni Luh Ari, Ni Wayan Eka Mitariani, and Ni Putu Nita Anggraini. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung.” VALUES 1, no. 3 (2020): 171–181.

Putra, Rizky Pratama, and Sri Herianingrum. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 1, no. 9 (2014): 622–635.

Rangkuti, Freddy. Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Rokhilawati, Yeni, Ziyadatun Niâ, and others. “Analisis Strategi Pelayanan Islami Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Simpang Lima Di Kabupaten Banyuwangi.” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam 1, no. 1 (2020): 121–136.

Subarkah, Andi, Heri Tohari, Muhammad Kafiyanto, Hedi Fajar Rahadian, and Saefudin. Himpunan Al-Qur’an Dan Terjemah New Cordova. Bandung: Syaamil Quran, 2012.

Syakuro, Ahmad Abdan, and Khusnul Fikriyah. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Donatur Di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3, no. 2 (2020).

Tjiptono, Diana, Fandy dan Anastasia. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Untari, Dhian Tyas, and Budi Satria. “Konsep Etika Dan Estetika Dalam Meningkatkan Service Quality Perbankan; Sebuah Kajian Literatur.” Jurnal Kajian Ilmiah 20, no. 3 (2020): 231–236.

Wardani, Yudit Miranda Setya. “Penerapan Pelayanan Prima Oleh Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Dan Bank Konvensional (Studi Kasus Pada BRI Syariah Metro Dan Bank EKA Metro).” IAIN Metro, 2019.

Wibowo, Ugung Dwi Ario. “Prophetic Softskills Untuk Bersaing Di Era Revolusi Industri 4.0.” Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi 21, no. 1 (2019): 30–38

Published
2022-03-31
How to Cite
Sawitri Rahayu, J., Saepudin, A., & Anugrah, V. G. (2022). Penerapan Pelayanan Islami Pada Customer service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), 19-35. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2i1.199