Faktor Pendorong Melakukan Belanja Online Pada Pegawai di STIES Indonesia Purwakarta
Abstract
Perkembangan teknologi informasi sudah berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penyebaran informasi dari internet yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Karena pengaruh dari revolusi industri dan gaya hidup masyarakat kini pemanfaatan teknologi merambat ke dunia pasar bisnis electronic atau ecommerce. Dalam bisnis online perdagangan dilakukan melalui website, media sosial, atau aplikasi belanja online. Dalam melakukan belanja online ada faktor yang melatarbelakangi seseorang tertarik untuk berbelanja secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendorong pegawai di lingkungan STIE Syariah Indonesia Purakarta untuk berbelanja secara online. Hasil penelitian ini terdapat 5 faktor pendorong pegawai untuk berbelanja online, antara lain aspek service quality sebanyak 69%, aspek merchandise quality 85%, aspek price attractiveness 62%, aspek perceived risk 69% , aspek time and effort savings 54%. Dari kelima faktor tersebut factor merchandise quality merupakan factor pendorong yang paling dominan pegawai melakukan berbelanja secara online, hal ini dapat dilihat dari persentase sebanyak 85% responden yang menyatakan sangat setuju jika kualitas barang atau merchandise quality menjadi salah satu faktor pendorong pegawai di STIE Syariah Indonesia Purwakarta untuk berbelanja secara online.
References
Astasari, Apsari. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online Pada Mahasiswa UNY.” Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 8, no. 3 (2019): 184–192.
Bahtiar, Rais Agil. “Potensi, Peran Pemerintah, Dan Tantangan Dalam Pengembangan E-Commerce Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik 11, no. 1 (2020): 13–25.
Harahap, Efni Yulia Santri, Nabila Ramadhani, and others. “Cybercrime and Its Impact on E-Commerce Technology.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan 3, no. 1 (2022): 188–192.
Listyowati, Esi Asyani, Any Suryantini, and Irham Irham. “Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Niat Dan Keputusan Konsumen Membeli Sayuran Dan Buah
Secara Online.” Jurnal Kawistara 10, no. 1 (2020): 66–76.
Machmud, Muslimin. “Perkembangan Teknologi Dalam Industri Media.” Jurnal
Teknik Industri 12, no. 1 (2011): 57–64.
Mumtaha, Hani Atun, and Halwa Annisa Khoiri. “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (ECommerce).” Jurnal Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik 4, no. 2 (2019): 55–60.
Puspita, Marcella, and Adriana Aprilia. “Faktor-Faktor Pendorong Konsumen Surabaya Membeli Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi Gofood Dan
Grabfood.” Jurnal Manajemen Perhotelan 6, no. 2 (2020): 88–98.
Putra, Anshari, and Putri Lidiana Permata Sari. “Faktor Pendorong Belanja Online Pada Pegawai Di FKIP Universitas Asahan.” In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan, 385–393. Asahan: Universitas Asahan, 2020.
Ramadhani, Fadhilah, and Yaenal Arifin. “Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha
Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi
Masyarakat Ekonomi Asean 2015.” Economics Development Analysis Journal 2, no. 2 (2013): 135–139.
Septia, Nany, and Citra Kusuma Dewi. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Pembelian Secara Online Di Instagram (Studi Di Wilayah Kota Bandung).” eProceedings of Management 3, no. 2 (2016): 1–10.
Setiawan, Habib Kodhim, and Purwoko Purwoko. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Menggunakan Media Sosial Instagram.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 5, no. 4 (2020): 806–820.
Syahputra, M Rizki, and Zubaidah Hanum. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Melakukan Pembelian Secara Online.” In Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi-SANISTEK, 103–107, 2021.