Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang

  • Kapiyah Oktapiya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Mitra Kota Baru
  • Jalaludin Jalaludin STIE Syariah Indonesia Purwakarta
  • Asep Dede Kurnia STIE Syariah Indonesia Purwakarta
Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran Islami, Produk Boneka

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pemasaran produk boneka Home Industri di Kampung Baru Kotabaru Karawang adalah sebagai berikut: 1) Sistem Pemasaran Produk Boneka Home Industri Boneka Secara Online dan offline, meliputi : a) Keunggulan produk Home Industri Boneka di Kampung Boneka bervariasi, b) Keunggulan harga Home Industri Boneka murah, c) Terdapat lokasi yang lumayan luas dan terdapat dipinggir jalan utama kampung boneka, d) Pengiriman barang Home Industri Boneka menggunakan jasa ekspedisi dan diantar karyawan, e) Media promosi Home Industri Boneka di kampung boneka melalui iklas di marketplace, ads, dan mulut ke mulut. Selanjutnya, produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang sudah memenuhi unsur-unsur strategi pemasaran islami, terlihat dari: 1) Teistis (rabbaniyyah), dimplementasikan dalam bentuk: a) Produk Home Industri mengandung nilai ibadah, b) Harga bersifat adil, c) Tempat produksi terhindar dari unsur najis, d) Sistem pengiriman menerapkan prinsip kejujuran, e) Promosi tidak mengandung unsur penipuan; 2) Etis (akhlaqiyyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Tidak pernah menjual barang yang cacat, b) Perbedaan harga online dan Offline dari segi tawar menawar, c) Pelayanan kepada konsumen dengan baik dan ramah, d) Pengiriman pesanan online menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia di marketplace, e) Home Industri Boneka di kampung boneka tidak pernah melakukan promo palsu; 3) Realistis (al-waqi’yyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Semua penjualan sesuai dengan permintaan konsumen, b) Harga jual sesuai dengan kualitas, c) Home Industri Boneka sudah layak sesuai undang-undang dan aturan syariah, d) Sistem pengiriman sesuai permintaan konsumen; 4) Humanistis (insaniyyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Lebih berinovasi terhadap produk yang menyerupai, b) Produksi memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, c) Murah mahal relatif, tergantung kualitas produk yang dihasilkan.

References

Abdullah, Ma’ruf.2014.Manajemen Berbasis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Adams, Lewis Mulford dan dkk.1965. Websters World university Dictionary, Washington D.C :Publiser company, inc.

Ahmad, Ifham Sholihin, 2010.Buku Pintar Ekonomi Syariah, Jakarta : PT Gramedia.

Alma, Buchari.2011.Kewirausahaan, Bandung : Alfabeta.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, 2009. Manajemen Bisnis Syariah, Bandung : Alfabeta.

Amrin, Abdullah.2006. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Arifin, Muhammad. 2008. Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta : Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Cet. II. Jakarta : Raja Grafindo.

Azwar, Saifudin.1995. Metode Penelitian, Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul. 2001. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadzi al- Qur’an al-Karim, Kairo : Dar AL-Hadith.

Basrowi dan Suwandi . 2008. Memahami Penelitian Kuantitaif, Jakarta : Rineka Cipta.

Diana, Ilfi Nur.2008.Hadis-Hadis Ekonomi. Malang : UIN-Malang Press. Emzir, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fauzia, Ika Yunia.2013. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Ghony, M Djunaidi dan Fauzan Almanshur.2012. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta : Ar-Ruzz Media.

Gitosudarmo, Indriyo.2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE Gunawan, Imam.2015. Metode penelitian kualitatif :Teori dan praktik edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Muhammad Abdul Aziz. 2005. Dasar & Strategi Pemasaran Syariah, Jakarta: Renaisan.

Hassan, A. 1985. Terjemahan Bulughul Maram. Bangil: Pustaka Tamam. Idri.2015. Hadis Ekonomi, Edisi 1. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ismanto, Kuat.2009. Manajemen Syariah.Yogyakarta:Pustaka pelajar. Kartajaya, Herman dan Muhammad Syakir Sula.2006. Syariah Marketing.Bandung: Mizan Media Utama.

Kotler, Philip.2006. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan pengendalian, jilid 1, terj.Jaka Wasana.Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip.1997.Manajemen Pemasaran Jilid 1, terj.Hendra Teguh & Ronny A Rusli. Jakarta: PT.Ikar Mandiri Abadi.

Kotler, Philip dkk.2004. Memahami Pemasaran Sudut Pandang Asia. Indonesia : Indeks.

Kotler, Philip dan G. Amstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.

Lestari, Endah Prapti, 2011. Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ma’ruf, Hendri.2005.Pemasaran Ritel, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Muhammad dan Alimin. 2004. Etika Perlindungan Konsumen dalam Islam. Yogyakarta: BPFE.

Mushaf Ar-Rusy.2008. Depok : Manajemen Cahaya Quran.

Muslich. 2004, Etika Bisnis Islami Landasan Filosofis, Normatif dan Substansi Implementatif. Yogyakarta : Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Nasution, Arman Hakim, Indung Sudarso dan Lantip Trisunamo.2006. Manajemen Pemasaran untuk Engineering. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Oentoro, Deliyanti.2010.Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : LaksBang Pressindo.

Prastowo, Andi. 2014. Memahami Metode-metode Penelitian Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Purhantara, Wahyu, 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis Edisi ke-1 Cet ke-1, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rngkuti, Freddy, 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stainer, George dan Jhon Milner, Manajement Stategic, Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: CV,Alfabeta.

Suliyanto,2010,Studi Kelayakan Bisnis : Pendekatan Praktis Yogyakarta:CV,Andi Offset.

Sunarto,2004, Manajemen Pemasaran , Yogyakarta: AMUS.

Supratikno, Hendrawan, 2003, Advanced Strategic Management: Back to Basic Approach, Jakarta: PT. Gravindo Utama.

Surisumantri, Jujun S dan Andi Hakim Nasoetion, 2001, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer,Surabaya: Pustaka Sinar Harapan.

Suryana, 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Suses, Jakarta: Salemba Empat Patria.

Suyanto, Muhammad, 2008, Muhammad Busnisess Strategi & Ethics.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Swasta, Basu dan Irawan, 1990. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta:Liberty.

Umar, Husein, 2013. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma, 2002, Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Aona, Khasanah Isnaini.2019. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Home Industri Rambak Cahaya Kecamatan Warungasem Batang. Skripsi IAIN Pekalongan.

Alfi, Ikrima Nur.2019. Perberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industri Pengrajin Boneka Kampoeng Boneka Di Lenteng Jagakarsa Jakarta Selatan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aulia, Nizar.2020. Pengrajin Boneka dalam Penerapan Jaringan Sosial (Studi Deskriptif di Kampung Boneka Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang). Skripsi UBP Karawang.

Ridhawati, Ria Resti.2015. Analisis Strategi Marketing Syariah Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Toko Rabbani Semarang. Skripsi UIN Walisongo Semarang.

Nurjaman Irfan, Pengelola Home Industri Produk Boneka, Wawancara Pribadi.

Ulwiyah, Pemilik Home Industri Produk Boneka, Wawancara Pribadi.

Published
2024-09-26
How to Cite
Oktapiya, K., Jalaludin, J., & Kurnia, A. D. (2024). Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 4(2), 127-174. https://doi.org/10.37726/jammiah.v4i2.1257