Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Branding dan Pemasaran Islami kepada UMKM Aneka Keripik Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta
Abstract
Desa Salamjaya sebagian besar berladang sawah dan perkebunan, tim PKM menemukan pengrajin usaha aneka keripik yang dimana usaha ini belum memiliki label, NIB (Nomor Induk Berusaha), dan tampilan kemasan produknya masih sederhana atau polos. Selain itu, lokasi UMKM Aneka Keripik belum terdapat di Google Maps, sehingga tidak bisa mencakup banyak konsumen, karena bagi sebagian konsumen khusunya generasi milenial akan sedikit kesulitan, karena generasi ini lebih mudah meminta petunjuk kepada google salah satunya Google Maps. Selain itu juga, pemasaran UMKM Aneka Keripik ini masih sangat sederhana, yakni hanya menjual kepada Warung terdekat atau hanya mencakup Desa Salamjaya saja. Apalagi dihadapkan dengan pemasaran sistem islami yang makin tambah kebingungan, karena kajian tentang fiqih muamalah masih sangat jarang ditemukan. Tujuan PKM ini untuk melakukan pendampingan branding dan pemasaran islami UMKM Aneka Keripik Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta. Metode PKM ini menggunakan sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil PKM dapat disimpulkan bahwa UMKM Aneka Keripik Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta sudah mengetahui pentingnya labelisasi produk, dan media periklanan berupa spanduk atau banner. Selain itu, plang nama yang tim PKM berikan terlihat memberikan dampak yang positif berupa masyarakat mulai banyak mengenal adanya produksi aneka keripik di Desa Salamjaya. Penambahan lokasi di Google Maps pun memberikan dampak positif berupa mempermudah pelanggan baru berkunjung ke lokasi UMKM Aneka Keripik. Kemudian NIB yang sudah dimiliki menjadi bukti bahwa UMKM Aneka Keripik di Desa Salamjaya bukan usaha yang abal-abal dan bukan usaha yang tidak bertanggung jawab.
References
Ariefika Listya, Yayah Rukiah. “Visual Branding Produk Belimbing Olahan UMKM Depok Melalui Desain Logo.” Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan 03, no. 02 (2018): 55–74.
Baharun, Hasan, and Harisatun Niswa. “Syariah Branding; Komodifikasi Agama Dalam Bisnis Waralaba Di Era Revolusi Industri 4.0.” Infesrensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 13, no. 1 (2019): 75–98. https://doi.org/10.18326/infsl3.v13i1.75-98.
C. Tri Widiastuti, Guruh Mulia Widayat, Dina Kharisma, Elisa Teguh Prasetyani, Diaz Fajar Ilyasa Fatkhur. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM Di Kelurahan Mlatibaru Semarang.” BUDIMAS 04, no. 1 (2022): 1–8.
Farisi, Muhammad Salman Al, Ajriyansyah Ajriyansyah, Adi Purwanto, and Triyana. “Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan MekarsariCileungsi.” Jurnal Pengabdian Bina Mandiri 1, no. 1 (2021): 1–5. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.1.
Fikri, Muhammad Khoirul. “Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Sistem Konsinyasi Dalam Strategi Reseller.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 7, no. 2 (2019): 161. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.5731.
Gunawan, I Putu Artha, I Gede Putu Krisna Juliharta, and others. “Aplikasi Monitoring Perusahaan Penanaman Modal (Studi Kasus DPMPTSP Kota Denpasar).” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer 6, no. 1 (2020).
Hadits.id. “Hadits Sunan An-Nasa’i No. 4378 - Kitab Jual-Beli Tentang Menghindari Yang Meragukan Ketika Mencari Penghasilan.” https://www.hadits.id/, n.d.
Hastari, Indah Febry. “Pengelolaan Kawasan Budidaya Kerapu Sistem Kja Dengan Pendekatan Daya Dukung Ekologi (Studi Kasus: Perairan Ringgung Kabupaten Pesawaran Lampung).” Notarius 12, no. 1 (2019): 231–52.
Hilmiatus Sahla, Muhammad Sayuti, Ricky Syahputra, Arif. “Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5, no. 2 (2019): 59.
Imas Rahmatissa, Windiah Kintani, Andini Safutri, Hendi Periyatna, Nur Amalia Al Choiriyah, Ayu Pratiwi, Marpiadi, Elisa Amanda, Maulidya Juniati, Desi Putri, Winda Purnama Sari. “Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Perlang Dalam Pembuatan Branding Dan Pemasaran Melalui Marketplace.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3, no. 2 (2023): 1958–64.
Jalaluddin, Jalaluddin. “Penjualan Konsinyasi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Lhokseumawe Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam 6, no. 2 (2020): 190–211.
Kaharudin, M. Robby, and Hendra Saputra. “Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 2, no. 2 (2021): 143–62. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.31.
Karsono, Karsono, Purwanto Purwanto, and Abdul Matin Bin Salman. “Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 2 (2021): 869–80. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649.
Lahamit, Sadriah. “Sosialisasi Peraturan Daerah Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Legislasi Anggota Dprd Provinsi Riau (Studi Pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah Di Masa Pandemi Covid 19).” Jiap 7, no. 1 (2021): 32. https://doi.org/10.25299/jiap.2021.vol7(1).6766.
Lusianingrum, Farah Putri Wenang, Arum Wahyuni Purbohastuti, and Asmi Ayuning Hidayah. “Pelatihan Labeling Kemasan Produk UMKM Mitra Binaan Posyantek Al-Ikhlas.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5, no. 2 (2021): 624–32.
Mifta, Ahmad. “Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah.” ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam 6, no. 2 (2015): 15–20. https://doi.org/10.32678/ijei.v6i2.56.
Nabila Veren Estefany, Masruchin, and Fitri Nur Latifah. “Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 5, no. 1 (2022): 181–95. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9358.
Nur Fadilah. “Pengertian, Konsep, Dan Strategi Pemasaran Syari’ah.” Salimiya 1, no. 2 (2020): 208.
Oktapiya, Kapiyah, Jalaludin Jalaludin, and Asep Dede Kurnia. “Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri Di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 4, no. 2 (2024): 127–74.
Paremono, Kampung Kali, Pristi Sukmasetya, Heni Apriyani, Tri Wahyuni, and Budi Setyo Wulan. “Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding Dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono.” Jurnal Abdimas PHB 4, no. 3 (2021): 322–28.
Prameswari, Nadia Sigi. “Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia) 3, no. 02 (2018): 179. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1547.
Rahmat, Syahrul, Muhammad Ikhsanudin, Rizky Diani, and Yuda Febrianda Kusuma. “Pengolahan Hasil Pertanian Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Petani Di Kabupaten Bintan” 1 (2021): 155–67.
Santosa, T. “Pelatihan Branding Produk Di Yayasan Tunas Alam Bantar Gebang Bekasi.” Develop: Jurnal Ekonomi Pembangunan 2, no. 2 (2021): 2798–2807.
Sindonews.com. “QS. An-Nahl Ayat 105,” n.d.
“Surat Al - Baqarah Ayat 168,” n.d.
Susiawati, Wati. “Jual Beli Dan Dalam Konteks Kekinian.” Jurnal Ekonomi Islam 8, no. 02 (2017): 171–84.
tafsirweb.com. “Surat An-Nisa Ayat 86,” n.d.
Trisnawati, Eva, Abdul Wahab, and Hamid Habbe. “Implementasi Etika Berdagang Dengan Sifat Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathanah Pada Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Makassar.” Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 4, no. 3 (2021): 177–83. https://doi.org/10.31850/economos.v4i3.912.
Ulbab, Alwi Jamalulel. “Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 172: Meskipun Halal, Jangan Berlebihan Mengonsumsi Rezeki.” islam.nu.or.id, 2023.
Yuliani, Ni Komang, I Ketut Made Permata Hadi Putra, Moch Edy Saputro, and Nuning Indah Pratiwi. “Strategi Branding Sebagai Upaya Pengembangan Produk Kreatif Bolu Bayam Subamia (Bobamia) Di Desa Subamia, Tabanan-Bali.” Logista- Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2020): 32. https://doi.org/10.25077/logista.4.1.32-38.2020.