Pendampingan Branding dan Pemasaran Islami UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta

  • Fika Dwi Ocktavia STIES Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin STIES Indonesia Purwakarta
  • Faridha Nurazizah Yr. STIES Indonesia Purwakarta
  • Syifa Aulia Nurahmah STIES Indonesia Purwakarta
Keywords: Branding Assistance, Islamic Marketing, Dodol

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, tim PKM menemukan pengrajin dodol yang dulunya sebagai pegawai di pengrajin dodol sebelumnya. Karena pengrajin dodol ini merintis usahanya dari awal lagi, maka produk UMKM Dodol masih mempunyai tampilan yang sangat sederhana seperti belum punya label, NIB (Nomor Induk Berusaha), dan tidak ada tanda bahwa di lokasi tersebut memproduksi dodol ciri khas Salamjaya. Selain itu, lokasi UMKM Dodol belum terdapat di Google Maps, sehingga bagi konsumen generasi milenial dan Z akan sedikit kesulitan, karena generasi ini lebih mudah meminta petunjuk kepada google salah satunya Google Maps. Selai itu juga, pemasaran UMKM dodol ini masih sangat sederhana, yakni hanya menjual kepada tetangga yang kenal-kenal saja. Apalagi dihadapkan dengan pemasaran sistem islami yang makin tambah kebingungan, karena kajian tentang fiqih muamalah masih sangat jarang ditemukan. Tujuan PKM ini untuk melakukan pendampingan branding dan pemasaran islami UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta. Metode PKM ini menggunakan sosialisasi dan pendampingan. Hasil PKM ini dapat disimpulkan bahwa UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta sudah mengetahui pentingnya citra merek dan pemasaran digital berbasis syariah. Selain itu, plang nama yang tim PKM berikan terlihat memberikan dampak yang positif ditandai dengan masyarakat mulai banyak mengenal adanya produksi atau pembuatan Dodol di Desa Salamjaya. Penambahan lokasi di Google Maps pun tidak kalah memberikan dampak positif berupa mempermudah pelanggan baru berkunjung ke lokasi UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Purwakarta. Kemudian NIB yang sudah dimiliki menjadi bukti bahwa UMKM Dodol Di Desa Salamjaya bukan usaha yang abal-abal dan bukan usaha yang tidak bertanggung jawab. Harapannya semoga konsumen UMKM Dodol Di Desa Salamjaya semakin meningkat, dan keuntungan pun ikut meningkat, sehingga UMKM Dodol Di Desa Salamjaya bisa membantu masyarakat Desa Salamjaya lebih banyak lagi melalui terciptanya lapangan pekerjaan

References

Alma, Bukhari, and Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai Dan Praktis Syariah Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2014.

Aziz, Muhammad. “Peran Badan Wakaf Indonesia (BWI) Dalam Mengembangkan Prospek Wakaf Uang Di Indonesia.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah) 2, no. 1 (2017): 35–54.

CV. Darus sunnah. “Al-Qur’an Terjemahan.” Departemen Agama RI (2017).

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Bandung: Penerbit Diponegoro, 2011.

Di, Masyarakat, Desa Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Akhmad Sutoni, and Dwi Indrawati. “Konsep Pengembangan Inovasi Simping, Dalam Pemberdayaan” 3, no. 3 (2020): 206–215.

Gamar, Mahfud M. “Penyuluhan Keagamaan Bagi Mahasiswa Sulawesi Tengah Pada Peringatan Isra Mi’raj Di Masa Pandemi Covid 19.” Abdi Sosial: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2022): 66–75.

Hamid, Satim. “Analisis Program Pemasaran Produk Umkm Dodol Garut.” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 2, no. 1 (2017): 82–112.

Hariansyah, Novan. “Segmentasi Pasar Dalam Komunikasi Pemasaran Islam.” Jurnal Al-Hikmah 19, no. 2 (2021): 127–138.

Hastari, Indah Febry. “Pengelolaan Kawasan Budidaya Kerapu Sistem Kja Dengan Pendekatan Daya Dukung Ekologi (Studi Kasus: Perairan Ringgung Kabupaten Pesawaran Lampung).” Notarius 12, no. 1 (2019): 231–252.

Hendriadi, Ade Andri, Betha Nurina Sari, and Tesa Nur Padilah. “Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Di Kabupaten Karawang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-DINAMIKA) 4, no. 2 (2019): 120–125.

Isnaini, Nur, and Pascasarjana Ekonomi Syariah. “Konsep Pembentukam Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam” 5, no. 3 (2022): 127–144.

Juniansyah, Dendi Wisnu. “Pengaruh Islamic Branding Terhadap Minat Mencoba Produk Wardah Pada Masyarakat Garut,” no. 16423044 (2021): 1–98.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al Fattah Al-Qur’an Terjemah Dua Muka. Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu, 2014.

Manzani, A.,Zulhendry,.Fadhilah,D. “Pengaruh Penerapan Sifat Shiddiq,Amanah, Fathanahdantablighterhadap Keberhasilan Usaha Online Shop.” Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol.2 No.1, no. 1 (2021): 13–23.

Mas’ula, Siti, Maura Laviola, and Talita Novellita. “Branding Dan Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS), no. September (2021): 252–257.

Mayasari, Ira, Novita Widyastuti Sugeng, and Heny Ratnaningtyas. “Peran Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Jajanan Tradisional.” At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen 5, no. 2 (2021): 135.

Mubarok, Nurul. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 3, no. 1 (2017): 73–92.

Murtani, Alim. “Sosialisasi Gerakan Menabung.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 Sindimas 1, no. 1 (2019): 279–283.

Mustafa, Edwin Nasution. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2007.

Prihatta, Hajar Swara. “Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam 8, no. 1 (2018): 96–124.

Putri, Mahilda Anastasia, Renny Oktafia, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, and Daya Saing. “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo.” Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance , p-ISSN 2621-6833 e-ISSN 2621-7465 4, no. November (2021): 431–444.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi Yang Kreatif Fan Analisis Kasus Integrited Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Ranto, Dwi Wayu Pril. “Menciptakan Islamic Branding Sebagai Stretegi Menarik Minat Beli Konsumen.” Jbma I, no. 2 (2013): 1–11.

Riani, Ida Ayu Purba, and M. Pudjihardjo. “Analisis Dampak Pemekaran Wilayah Terhadap Pendapatan Per Kapita, Kemiskinan Dan Ketimpangan Antarwilayah Di Provinsi Papua.” Jurnal Bumi Lestari 12, no. 1 (2012): 137–148.

Rohmah, Ainun Nimatu, and Hera Hera. “Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1, no. 3 (2022): 37–42.

Rudianto, Sofiyan, Qurroh Ayuniyyah, and Trisiladi Supriyanto. “Strategi Pengelolaan Wakaf Meraih Kepercayaan Umat , Menuju Optimalisasi Pengumpulan . Studi Kasus Badan Waqf Management Strategies Earn The Trust Of The People , Towards Collection Optimization . Case Study Of Al-Qur ’ an Wakf Board.” Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana 1, no. 2 (2021): 87–113.

Srihiang, Dinita, Nurfamiyati, and Westi Riani. “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Regol Kota Bandung.” Bandung Conference Series: Economics Studies 2, no. 1 (2022): 154–164.

Sudarsono, Heri. Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah; Deskrifsi DanIlustrasi. Yogyakarta: Ekonisisa, 2007.

Sula, Muhammad Syakir, and Hermawan Kartajaya. Syariah Marketing. Bandung: Mizan, 2006.

Talas, Keripik, Bagek Longgek, Kelurahan Rakam, M Anggiri, Baiq Yolanda, and Ika Anggari. “Pendampingan Branding Packaging Dan Digital Marketing Pada Produk Umkm,” no. 2009 (2021): 0–4.

Team Al-Fatih Berkah Cipta. Al-Quranul Karim: Tafsir Perkata Tajwid Kode Arab. Jakarta Timur: PT. Insan Media Pustaka, 2012.

Trisnawati, Eva, Abdul Wahab, and Hamid Habbe. “Implementasi Etika Berdagang Dengan Sifat Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathanah Pada Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Makassar.” Economos : Jurnal Ekonomi dan Bisnis 4, no. 3 (2021): 177–183.

Wibowo, Sukarno, and Dedi Supriadi. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Wijanarko, Kukuh Dwi, Sarwido, Meli Indah Sugiarti, Muhammad Ifan Erdiyansyah, and Darnoto. “Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2022): 89–94.

Wiridjati, Wikan, and Renny Risqiani Roesman. “Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa 11, no. 2 (2018): 275–290.

Zen, Abdurahman. Strategi Genius Marketing Ala Rasulullah. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Published
2024-07-31
How to Cite
Dwi Ocktavia, F., Jalaludin, J., Nurazizah Yr., F., & Aulia Nurahmah, S. (2024). Pendampingan Branding dan Pemasaran Islami UMKM Dodol Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55-82. https://doi.org/10.37726/adindamas.v4i1.792