Pendampingan UKM : Sosialisasi Pemasaran Topi di Desa Karangmukti, Kec. Bungursari Purwakarta

  • Siti Rohmat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Andry Risal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Nurmala Ina Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: UKM, Sosialisasi, Pemasaran

Abstract

UKM pengrajin topi di desa karangmukti memili area pasar yaitu di pertemuan perjalanan jakarta-jawa tengah di Jalur pantura. Dengan kondisi tersebut area pemasaran menjadi baik, hal ini di  karenakan ramainya lalu lintas kendaraan pribadi maupun umum yang melewati kawasan tersebut. Pemasaran topi di lakukan oleh pedagang sekitar yang berdagang di lingkunagn tersebut. Namun hadirnya tol cipali memperkirakan penjualan akan berkurang di karenakan lalu lintas kendaraan tidak melewati jalur tersebut danberalih melewati tol cipali. Untuk itu perlu di lakukan model pemasaran lain agar penjualan bisa di kendalikan. Tujuan dari kegiatan pengabdian Kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan kemampuan dan keterampilan lain dalam aspek pemasaran produk usaha.model pengabdian ini di lakukan dengan pelatihan dan pendampingan. Pada tahapan pertama yaitu pelatihan peserta diberiakn materi berupa teori dan praktek tentang internet marketing dan tahapan kedua dari kegiatan pkm ini adaalah melakukan pendampingan terhadap peserta pelatihan dalam membangun dan menjalankan pemasaran online.

References

Icih Sukarsih, 2Eti Kurniati, 3Gani Gunawan, 4Respitawulan. “Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku Ukm Sepatu Cibaduyut Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Internet Marketing.” Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol 4, No. (2016).
Andi Nur Rachman1), Cecep Muhamad Sidik Ramdani2). “Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis (Studi Kasus: UKM Kelom Geulis Tamansari Tasikmalaya).” Jurnal Siliwangi Vol. 2 No. (2016).
HASAN, ATHI’ FATHIMAH. “Kajian Aglomerasi Industri Kampung Topi Di Desa Punggul Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.” Swara Bumi Volume V N (2018).
Made Heny Urmila Dewi, I Gde Trunajaya, I Wayan Wita Kesumajaya, I Made Adigorim. “Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku Ukm Di Kabupaten Klungkung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat volume 8 N (2018).
Sarastuti, Dian. “Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova.” Visi Komunikasi Volume 16, (2017).
Setiawati1, Ira, Penta Widyartati2. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM.” BIMA BINGKAI MANAJEMEN (2017).
Urmila Dewi, Made Heny, I Gde Trunajaya, I Wayan Wita Kesumajaya, and I Made Adigorim. “Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM Di Kabupaten Klungkung.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 8, no. 2 (December 2018): 19.
Wiwiek Fatmawati, Nurwidiana, Novi Marlyana. “Pendampingan Kelompok Pengrajin Rajut Desa Batur Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha.” 2017 (n.d.).
Published
2021-08-05
How to Cite
Rohmat, S., Risal, A., & Ina Lestari, N. (2021). Pendampingan UKM : Sosialisasi Pemasaran Topi di Desa Karangmukti, Kec. Bungursari Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 88-97. https://doi.org/10.37726/adindamas.v1i1.178