Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Melalui Bazar di Desa Ciparungsari Cibatu Purwakarta
Abstract
Perkembangan sektor UMKM ini bergantung pada calon konsumen, inovasi serta kreativitas dari para pelaku UMKM. Faktanya, pelaku UMKM di Desa Ciparungsari menghadapi kendala kurangnya dukungan dan pemasaran produk mereka. Kurangnya pemahaman pasar bagi UMKM, sehingga UMKM belum mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Selain itu, kurangnya promosi terhadap produk yang dijual. Kurangnya promosi disebabkan karena pelaku UMKM kurang memahami cara promosi yang tepat. Serta, kurangnya inovasi terhadap produk yang dijual sehingga mengakibatkan tampilan atau rasanya masih monoton atau biasa. Tujuan PKM ini tentang melakukan pendampingan pemasaran produk pada pelaku UMKM di Desa Ciparungsari, melalui kegiatan bazar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pendampingan, praktik, dan evaluasi. Hasil PKM dapat disimpulkan bahwa,pelaku UMKM di Desa Ciparungsari sudah memahami pentingnya pemahaman pasar untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan konsumen. Selain itu, sudah memahami terkait pentingnya promosi dengan memanfaatkan media digital untuk melakukan promosi, serta pelaku UMKM telah memahami pentingnya inovasi terhadap suatu produk untuk menarik perhatian pembeli atau konsumen.
References
Abidah, Rachmaniar. “Studi Ruang Ekonomi Pedagang Kaki Lima Pada Kegiatan Bazar Mingguan Jalan Ki Mangunsarkoro.” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang) (2021).
Bazar, Pengadaan, Sebagai Upaya, Kota Surabaya, Procurement Of, A Bazaar As, A N Effort, T O Improve, et al. “Pengadaan Bazar Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Umkm Di Rw 08 Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya” 4, no. 1 (2024): 26–30.
Budiarto, Fadia Nur Rahma, Kiki Sandra Amelia, Sherly Arindawati, Shelomitha Kumala Mawardhany, Hera AmaliaPutri Belangi, Kusuma Wardhani Mas’udah, and Yenny Wuryandari. “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) Dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan.” KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2022): 116–124.
Haro, Andrian, Kushariyadi Kushariyadi, Widyawati Widyawati, Nida Nurlivi Fauziyah, and Loso Judijanto. Perilaku Konsumen: Esensi, Posisi, Dan Strategi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21.
Mania, Sitti. “Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 11, no. 2 (2008): 220–233.
Oentoro, Deliyanti. “Manajemen Pemasaran Modern.” Yogyakarta: Laksbang Pressindo (2012).
Qoni’ah, Risa. “Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global.” Halal Research Journal 2, no. 1 (2022).
Ramdan, Asep Muhamad, Leonita Siwiyanti, Kokom Komariah, and Euis Saribanon. Manajemen Pemasaran. Penerbit Widina, 2023.
Sopian, A A. “Pendampingan Penguatan Ekonomi Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Melalui Program ‘Melak Warung Di Buruan’ Di Desa Bungurjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian … 3 (2023): 41–55. https://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/adindamas/article/view/825%0Ahttps://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/adindamas/article/download/825/175.
Syafi, Akhmad, Andri Brawijaya, Arif Rohman Hakim, and others. “Strategi Inovatif Manajemen Dan Bisnis Di Era Digital: Analisis Pengaruh Teknologi Terkini Terhadap Keberlanjutan Dan Kinerja Organisasi.” Jurnal Visionida 9, no. 2 (2023): 191–198.
Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifinin, and Sunarti. “Strategi Dan Program Pemasaran.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29, no. 1 (2015): 59–66.
Widiyana, Dini, Mukarto Siswoyo, and Farida Nurfalah. “Pengaruh Sosialisasi Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.” Jurnal Ilmiah Publika 8, no. 1 (2020): 42–52.
Widyastuti, Rahmah. “Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Komika Malang (Studi Pada Konsumen Cafe Komika Yang Tergabung Dalam Komunitas).” Universitas Brawijaya, 2018.
Wijoyo, Hadion. “Digital Marketing” (n.d.).