Sosialisasi Digital Marketing Kepada Masyarakat Desa Cipinang Dalam Mewujudkan Transformasi Ekonomi Mandiri

  • Yodi Supriyadi STIES Indonesia Purwakarta
  • Sari Nur Diana STIES Indonesia Purwakarta
  • Reza Afrizal Aziz STIES Indonesia Purwakarta
  • Mila Sari Oktapianti STIES Indonesia Purwakarta
Keywords: MSME Actors, Islamic Digital Marketing, Technology, Digital Marketing, Google Maps, MSMEs

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi membuat pemasaran terus tumbuh dan berevolusi serta pemasaran mengalami pergeseran dari tradisional menjadi digital. Hal tersebut memaksa dunia UMKM untuk terus mengikuti perkembangan zaman agar mampu bertahan dan berkembang. Indeks Pembangunan Manusia di Desa Cipinang mengalami kenaikan selama 4 tahun kebelakang. Namun, permasalahan yang muncul adalah penggunaan teknologi yang belum maskimal dilakukan oleh pelaku UMKM di Desa Cipinang. Tujuan PKM ini untuk memberikan pemahaman digital marketing kepada masyarakat Desa Cipinang dalam mewujudkan transformasi ekonomi mandiri, dengan memanfaatkan platform google maps sebagai media pemasaran mandiri. Metode yang digunakan seminar, diskusi dan evaluasi. PKM ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dan Pelaku UMKM Desa Cipinang kini telah memahami betapa pentingnya teknologi pemasaran digital, mulai memanfaatkan Google Maps dalam mempromosikan produk, dan mulai sadar serta beralih ke pemasaran digital. Terakhir masyarakat dan Pelaku UMKM Desa Cipinang mulai banyak memiliki alamat usaha yang terdaftar di Google Maps.

References

Administrator. “Luas Dan Sebaran Penggunaan Lahan.” Website Desa. Last modified 2022. Accessed March 3, 2024. https://cipinang.pemdes.org/artikel/2022/5/22/luas-dan-sebaran-penggunaan-lahan.

Ahmad Azrin Adnan. “Theoretical Framework for Islamic Marketing: Do We Need a New Paradigm?”.” International Journal of Business and Social Science 4, no. 7 (2013): 158–165.

Ahmad, Dimas Zuhri, and Abdul Muin. “Evolusi Pemasaran Jasa Dan Pemasaran Relasional Jasa Pendidikan.” Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 02 (2023): 1–7.

Alserhan, Baker Ahmad. The Principles of Islamic Marketing. Routledge, 2017.

Apsari, Cindy Marcellin, Marcellino Syah Putra, Nur fitria Herdianti, Mutiara Kusuma Wardhani, Choirul Dwi Priamsyah, Zulfikar Abdurrahman, and Nela Ekawati Prajogo. “Penerapan Digital Marketing Dan Environmental Graphic Design Di Desa Cupak: Studi Kasus KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1, no. 3 (2023): 29–39.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Perss, 2004.

Chan, Elsie, Omar A R Mahroo, and David J Spalton. “Complications of Cataract Surgery.” Clinical and Experimental Optometry 93, no. 6 (2010): 379–389.

Dash, Ganesh, Kip Kiefer, and Justin Paul. “Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, Customer Satisfaction and Purchase Intention.” Journal of business research 122 (2021): 608–620.

Erragcha, Nozha, and Rabiaa Romdhane. “New Faces of Marketing in the Era of the Web: From Marketing 1.0 to Marketing 3.0.” Journal of research in marketing 2, no. 2 (2014): 137–142.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 1, no. 2 1 (2018): 61–67.

Glock and Stark in Poloutzian, F.R. “Psychology of Religion.” In Psychology of Religion. Needham Heigthts, Massachusetts: A Simon & Schuster Comp, 1995.

Gómez-Suárez, Mónica, Mar’ia Pilar Mart’inez-Ruiz, and Noem’i Mart’inez-Caraballo. “Consumer-Brand Relationships under the Marketing 3.0 Paradigm: A Literature Review.” Frontiers in psychology 8 (2017): 252.

Haryo Limanseto. “Perkembangan UMKM Sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah.” Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Last modified 2022. Accessed March 9, 2024. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah.

Hossain, Md Shamim, Sofri Bin Yahya, and Shaian Kiumarsi. “Islamic Marketing: Bridging the Gap between Research and Practice.” Journal of Islamic Marketing 9, no. 4 (2018): 901–912.

Indarwati dkk. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Banten: PT. Sada Kurnia Pustaka, 2023.

Ivonne Ayesha. Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang Sumatera Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022.

Jafari, Aliakbar. “Islamic Marketing: Insights from a Critical Perspective.” Journal of Islamic marketing 3, no. 1 (2012): 22–34.

Juliati, Ratih. “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kesetiaan Pelanggan Melalui Pemasaran Relasional Pada “Umm Inn “Hotel Pendidikan Di Malang.” Journal of Innovation in Business and Economics 2, no. 01 (2011).

Kemenag, Departemen Agama RI. Al Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 2006.

Malau, Harman. “Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global” (2018).

Putri, Margalita Karunia, and A I Nurhidayat. “Pengembangan Informasi Pencarian Tempat Kuliner Sebagai Penentuan Rute Terdekat Menggunakan Google Maps API Berbasis Web (Marketplace).” Jurnal Manajemen Informatika 6, no. 2 (2016): 6–13.

Redaksi. “One Day One Hadis: Mukmin Adalah Orang Yang Ramah.” Islam.Co. Last modified 2020. Accessed March 10, 2024. https://islami.co/one-day-one-hadis-mukmin-adalah-orang-yang-ramah/.

Saeed, Mohammad, Zafar U Ahmed, and Syeda-Masooda Mukhtar. “International Marketing Ethics from an Islamic Perspective: A Value-Maximization Approach.” Journal of business ethics 32 (2001): 127–142.

Susanto, Barkah, Akrim Hadianto, Fardan Nur Chariri, Miftachul Rochman, Muhammad Mirza Syaukani, and Aditya Ari Daniswara. “Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar Dan Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Community Empowerment 6, no. 1 (2021): 42–47.

Published
2025-01-31
How to Cite
Supriyadi, Y., Diana, S. N., Aziz, R. A., & Oktapianti, M. S. (2025). Sosialisasi Digital Marketing Kepada Masyarakat Desa Cipinang Dalam Mewujudkan Transformasi Ekonomi Mandiri. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 157-170. https://doi.org/10.37726/adindamas.v4i2.1099