Pendampingan Media Iklan dan Plotting Lokasi Usaha UMKM Tahu dan Oncom di Desa Cibatu Purwakarta

  • Umi Latifah STIES Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin STIES Indonesia Purwakarta
  • Fahri Fadilah STIES Indonesia Purwakarta

Abstract

Berdasarkan hasil observasi tim PKM menemukan beberapa fenomena unik terkait UMKM Tahu dan Oncom di Desa Cibatu, salah satunya jumlah UMKM Tahu dan Oncom di Desa Cibatu merupakan UMKM paling banyak kedua dari UMKM Tempe. Fenomena kedua, UMKM Tahu dan Oncom di Desa Cibatu belum mempunyai media periklanan baik spanduk maupun petunjuk memproduksi tahu dan oncom. Fenoman ketiga, lokasi usaha belum terdaftar di google maps, sehingga konsumen baru sangat kesulitan jika menginginkan langsung datang ke lokasi usaha. Maka dari itu, tujuan PKM ini untuk melakukan pendampingan media iklan dan plotting lokasi usaha UMKM Tahu di Desa Cibatu Purwakarta. Metode PKM ini menggunakan sosialisasi dan pendampingan. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan dalam PKM ini adalah laptop, sofware canva pro, spanduk, dan foto lokasi usaha. Hasil PKM dapat disimpulkan bahwa kegiatan tim PKM mengenai pendampingan media iklan dan plotting lokasi UMKM Tahu Dan Oncom di Desa Cibatu Purwakarta mampu memberikan dampak positif, terlihat dari hasil monitoring tingkat pemahaman UMKM Tahu dan Oncom terhadap pentingnya media periklanan spanduk sebesar 90%, dan tingkat pemahaman UMKM Tahu dan Oncom terhadap pentingnya lokasi usaha di google maps sebesar 90% juga. Selain itu, UMKM Tahu dan Oncom sudah mengerti pentingnya media iklan melalui spanduk untuk mempromosikan produk, sudah mengerti pentingnya memiliki NIB (Nomer Induk Berusaha) guna kemajuan usaha, sudah menggunakan media digital instagram dan whatsapp sebagai media promosi, tempat UMKM Tahu dan Oncom sudah terdaftar di google maps guna mempermudah konsumen berkunjung ke lokasi usaha.

References

A, Qotrun. “Apa Itu Observasi, Pengertian Dan Jenisya.” Gramedia .Blog.

Anwar, S, A Mawarti, T Setiawati, S Natalia, and C Nurhayati. “Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 7 (2022): 5571–5580.

Aris, M. “Pengertian Sosialisasi: Fungsi, Tujuan, Dan Prosesnyae.” Gramedia .Blog.

Atom. “Sejarah Desa Cibatu Purwakarta.” Https://Kartacibatupwk.Blogspot.Com/. Last modified 2015. Accessed March 5, 2024. https://kartacibatupwk.blogspot.com/2016/03/desa-cibatu-adalah-sebuah-desa-di.html.

Merdeka.com. “Instagram Adalah Media Sosial Berbasis Foto Dan Video, Pahami Fungsi Dan Fiturnya.” Merdeka.Com.

Putra, Pandi. Manajemen Pemasaran. Edited by Arifuddin and Nur Iqva Sari Taharuddin. Cetakan Pe. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023.

Sari, Riska Jamilia. “Tinjauan Pelaksanaan Strategi Periklanan Pada Cv. Heaven Records.” Universitas Widyatama, 2010.

Sarifah, Siti, and Cece Andi. “Pendampingan Branding Dan Plotting Lokasi UMKM Aneka Snack Tradisional Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 70–86.

Soelistya, Djoko, Slamet Asari, and Khoirul Anwar. “Menumbuhkan Kemandirian Kewirausahaan Dan Keterampilan Digital Marketing Melalui Pembuatan Kerajinan Tali Kur Dan Merajut Warga Desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan.” DedikasiMU: Journal of Community Service 5, no. 4 (2023): 437–449.

Suitela, Josias Jefry. “Pendampingan Sosial Dalam Pengembangan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama Di Bandung.” Pekerjaan Sosial 16, no. 1 (2017).

Valenthine, Finkhy Marghareth, Suwandi Suwandi, and Afitra Kuntum Rahma Ari Prawita. “Pengembangan Perencanaan Umkm Produksi Tempe (Home Industri) Saat Covid-19 Di Desa Gunung Sulah.” Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS) 2, no. 02 (2021): 122–155.

Wikanta, Wiwi. “Membuat Oncom Praktis Dan Aman Aflatoksin.” Depok: Rajawali Pers, 2019.

Published
2024-07-31
How to Cite
Latifah, U., Jalaludin, J., & Fadilah, F. (2024). Pendampingan Media Iklan dan Plotting Lokasi Usaha UMKM Tahu dan Oncom di Desa Cibatu Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 83-97. https://doi.org/10.37726/adindamas.v4i1.1097