Pendampingan Pembuatan NIB dan Branding Pada UMKM Aneka Makanan dan Kue Tradisional Desa Cibatu Purwakarta

  • Nuril Anwar STIES Indonesia Purwakarta
  • Jalaludin Jalaludin STIES Indonesia Purwakarta
  • Reni Rostika STIES Indonesia Purwakarta
Keywords: Aneka Makanan, Aneka Kue, Citra Merek, Branding, Pembuatan NIB

Abstract

PKM ini dilatarbelakangi UMKM Aneka Makanan dan Kue Tradisional Desa Cibatu masih tabu terhadap izin usaha, kemasan UMKM Aneka Makanan dan Kue Tradisional Desa Cibatu masih sangat sederhana, bahkan hanya sebatas di bungkus biasa saja. Selain itu, tidak terdapat media periklanan yang menunjukan lokasi tersebut menjual aneka makanan dan kue tradisional, dan lokasi usaha belum terdaftar di google maps, sehingga konsumen baru sangat kesulitan jika menginginkan langsung datang ke lokasi usaha. Tujuan PKM ini untuk melakukan pendampingan pembuatan NIB dan citra merek UMKM Aneka Makanan Dan Kue Tardisonal Desa Cibatu Purwakarta, supaya UMKM Aneka Makanan Dan Kue Tardisonal bisa dikenal dan mudah diakses oleh masyarakat luas. Metode PKM ini menggunakan sosialisasi dan pendampingan. Hasil PKM dapat disimpulkan bahwa pelaku UMKM Aneka Makanan dan Kue Tradisional Desa Cibatu menyadari pentingnya citra merek melalui spanduk untuk mempromosikan produk, sudah mengerti pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha guna kemajuan usaha, sudah menggunakan media digital Instagram dan Whatsapp sebagai media promosi, tempat UMKM sudah terdaftar di Google Maps guna mempermudah konsumen berkunjung ke lokasi usaha, dan UMKM sudah mengerti dan memiliki label produk sebagai ciri khas dan kepemilikan produk.

References

Bado, Basri. “Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah.” Tahta Media Grup, 2022.

Barkah, Hilwa Syafira, and Uus M D Fadli. “Peranan Kompensasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Dan Kinerja Karyawan Pada Roti Bakar Hj. Ade.” Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia 2, no. 3 (2023).

Cibatu, Blogg Karang Taruna Desa. “Sejarah Desa Cibatu.” Blogspot.

Darmayanti, Stovika Eva, and Udik Budi Wibowo. “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 2 (2014): 223–234.

Galang, Fhadillah Albab M. “Implementasi Komunikasi Verbal Dalam Penggunaan Metode Dakwah Pada Majelis Ta’lim Baiturrahman Sribasuki Kec. Kalirejo Kab. Lampung Tengah.” UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Herudiansyah, Gumar, Mister Candera, and Reza Pahlevi. “Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir.” Suluh Abdi 1, no. 2 (2019).

Insani, Salman Faris, Yoppi Syahrial, and Ardian Prima Putra. “Optimalisasi Aplikasi Google Maps Sebagai Alternatif Media Promosi Pada UMKM Di Shelter Taman Sriwedari.” Warta LPM 25, no. 1 (2022): 44–56.

Kristianto, Ignatius Indra. “Pengemasan Kreatif Dan Pemasaran Online Produk Makanan Di Desa Tayuban, Kulon Progo.” Jurnal Atma Inovasia 1, no. 2 (2021): 147–153.

Layrensius, Felicia, and I Nyoman Sutapa. “Perancangan Tindakan Pengurangan Komplain Produk Berkutu Pada Perusahaan Tepung Terigu.” Jurnal Titra 8, no. 2 (2020): 146–156.

Maemunah. “Wawancara Tentang Media Periklanan Dengan UMKM Aneka Kue Tradisional,” 2024.

Maryani, Dedeh, and Ruth Roselin E Nainggolan. Pemberdayaan Masyarakat. Sleman: Deepublish, 2019.

Maryanto, Rusmanto. Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Vol. 1. Jakarta: Rusmanto Self-publishing, 2017.

Moriansyah, La. “Pemasaran Melalui Media Sosial : Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing : Antecedents and Consequenc-.” Penelitian Komunikasi dan Opini Publik (2015): 187–196.

Nabila, Riska, Syukron Jayadi, and Miftahul Janna. “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha Dan Branding Produk Pada UMKM Dodol Nangka Desa Nyurlembang.” Lumbung Ngabdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 3 (2023): 51–55.

Najib, Moh Farid, Agustunus Februadi, Tjetjep Djarnika, Wahyu Rafdinal, Carolina Magdalena Lasambouw, and Neneng Nuryati. “Inovasi Desain Kemasan (Packaging) Sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2022): 56–64.

Nurmalia, Gustika, Dela Astarika, Clarissa Novianti, and Ani Handayani. “Pendampingan Branding Produk UMKM Opak Singkong Di Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Lampung.” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 4 (2023): 285–292.

Prayuti, Yuyut, and Mistunah Mistunah. “Perlindungan Konsumen Terhadap Makanan Produksi Umkm Tanpa Sertifikat Dan Label Halal.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 13801–13813.

Putra, Adnan Husada. “Peran UMKM Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora.” Jurnal Analisa Sosiologi 5, no. 2 (2016): 40–52.

Rifianita, V, R M Falah, S Pangestu, and ... “Pelatihan Branding Produk UMKM Dan Digital Branding Kerupuk Kulit “Rambakku “.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ 2, no. 1 (2022): 1–4.

Rope, Ranita. “Pola Pendampingan Akses Pemasaran Produk Pangan Olahan Pilot Di UMKM Kelurahan Loto.” Abdimu Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 22–27.

Sarifah, Siti, and Cece Andi. “Pendampingan Branding Dan Plotting Lokasi UMKM Aneka Snack Tradisional Di Desa Salamjaya Pondoksalam Purwakarta.” ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 70–86.

Sasangka, Daru Teja, and Budi Prabowo. “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Usaha (NIB), PIRT, Dan Sertifikat Halal Pada UMKM Di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.” Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia 2, no. 4 (2023).

Semaun, Syahriyah. “Analisis Perbandingan Penentuan Profit Margin Pada Bank Syariah Dan Bunga Pada Bank Konvensional.” DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum 13, no. 2 (2015): 164–173.

Sentoso, Antony, Novi Aprillia, Eddy Oktarianto, Kelvin Kwek, and others. “Penerapan Strategi Pemasaran Digital Pada Toko New Pelita Motor Di Kota Batam.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 2 (2023): 215–236.

Setiawan, Andi. “Aspek Perizinan Usaha Mikro Bidang Warung Makan Pasca Berlakunya Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.” MORALITY: Jurnal Ilmu Hukum 8, no. 1 (2022): 75–89.

SUBAGYO, SUBAGYO, and HERY PURNOMO. “Manajemen UMKM.” Media Sains Indonesia, 2022.

Wijanarko, Kukuh Dwi, Meli Indah Sugiarti, Muhammad Ifan Erdiyansyah, and others. “Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal.” Khaira Ummah 1, no. 01 (2022): 89–94.

Wulandari, Ika, and Martinus Budiantara. “Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 2 (2022): 386–394.

Published
2024-07-31
How to Cite
Anwar, N., Jalaludin, J., & Rostika, R. (2024). Pendampingan Pembuatan NIB dan Branding Pada UMKM Aneka Makanan dan Kue Tradisional Desa Cibatu Purwakarta. ADINDAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17-35. https://doi.org/10.37726/adindamas.v4i1.1090