Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah Di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera

  • Wiwin Winanti -
  • Saepul Bahri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Ayi Nurbaeti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
  • Diana Novita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta
Keywords: Product Quality, Promotion, Customer Decision

Abstract

Latar Belakang penelitian yang dilakukan di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera, dimana Tabungan Amanah setiap tahunnya menurun. Hal ini kontraduktif dengan situasi masyarakat Purwakarta yang mayoritas penduduknya beragama islam. Merupakan potensi sebagai tempat tumbuhnya kegiatan ekonomi yang berbasis syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Amanah, Untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Amanah, Untuk mengetahui Kualitas Produk dan Promosi terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Amanah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu metode yang menggunakan angka-angka di setiap hasilnya dan diuji menggunakan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas data, relibilitas data, untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas,uji multikolinearitas,uji heteroskedastis, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji determinasi, uji parsial(uji t),regresi linier berganda,dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah tabungan amanah di BMT PAS dengan nilai thitung sebesar -0,309 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,000. promosi secara parsial (uji t) tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan thitung sebesar 1,753 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,000. berdasarkan uji simultan (uji f) Kualitas produk dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nila siginifikasi sebesar 0,194 lebih besar dari 0,05. Kesimpulannya hipotesis secara keseluruhan H0 diterima dan Ha ditolak.

References

Aini, Almusrijah, Habriyanto Habriyanto, and Darma Putra. 2021. “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Baitul Maal Wa Tamwil Kota Jambi.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Al-Arif, M Nur Rianto, and Rachmi N Hamidawati. 2011. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Surakarta: Era Adicitra Intermedia.

Andriyani, Meli, and Riski Ardianto. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank.” EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1, no. 02: 133–40.

Anshori, Abdul Ghofur. 2018. Perbankan Syariah Di Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan Ke. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fahriana, Ava Swastika. 2018. “Pengambilan Keputusan Secara Musyawarah Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Kajian Tematik Al-Qur’an Dan Al-Hadist.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 2, no. 1: 17–46.

Fakhrurradhi, Fakhrurradhi. 2021. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Rahn Di Pegadaian Syariah Cabang Pembantu Sigli.” SINTESA: Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 2, no. 1: 78–100.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M Anang, and Didin Fatihudin. 2017. Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization). Yogyakarta: Deepublish.

Gayo, Ahyar Ari, and Ade Irawan Taufik. 2012. “Kedudukan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Dalam Mendorong Perkembangan Bisnis Perbankan Syariah (Perspektif Hukum Perbankan Syariah).” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 1, no. 2: 257–75.

Kamila, Mariam. 2021. Halo BMT: Optimization of BMT Functions through a Digital Data Collection Platform in Order to Reduce Inequality in the Country. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Kasmir. 2018. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and K L Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, Devi Ayu, and Agung Guritno. 2019. “Strategic Charity Implementation In Indonesia’s Rural Islamic Financial Institution.” FINANSIA: Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah 2, no. 02: 265–74.

Morrisan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muchammadun, Muchammadun, Sri Hartini Rachmad, Dendi Handiyatmo, Ayesha Tantriana, Eka Rumanitha, and Zaenudin Amrulloh. 2021. “Peran Tokoh Agama Dalam Menangani Penyebaran Covid-19.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 5, no. 1: 87–96.

Muhammad, D R. 2009. Model-Model Akad Pembiayaan Di Bank Syariah. Yogyakarta: Yogyakarta: UII Press.

Muttalib, Abdul. 2018. “Tingkat Pemahaman Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Produk Pembiayaan Pada Perbankan Syari’ah (Studi Pada Guru SMP Di Kota Mataram).” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 3, no. 3: 54–63.

Rahfizah, Raudhatul Zahrah, Supaino Supaino, and Ahmad Kholil. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tabungan IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Medan.” Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 6, no. 1: 23–29.

Ratih, Hurriyati. 2005. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rini, Dyah Mustika, M Hufron, and Budi Wahono. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Produk IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah Malang.” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 9, no. 22: 68–82.

Risal, Taufiq, and Austin Alexander. 2019. “Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama.” Jurnal Samudra Ekonomika 3, no. 2: 118–30.

Romindo, Romindo, Muttaqin Muttaqin, Didin Hadi Saputra, Deddy Wahyudin Purba, M Iswahyudi, Astri Rumondang Banjarnahor, Aditya Halim Perdana Kusuma, Faried Effendy, Oris Krianto Sulaiman, and Janner Simarmata. 2019. E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rumondang, Astri, Acai Sudirman, Samsider Sitorus, Aditya Halim Perdana Kusuma, Melda Manuhutu, Andriasan Sudarso, Janner Simarmata, Dian Hasdiana, Tasnim Tasnim, and Nina Fapari Arif. 2020. Pemasaran Digital Dan Perilaku Konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Salusu, Jonathan. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sari, Anisa Kurnia Kurnia. 2013. “Pengaruh Citra Merek Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat.” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 1, no. 1.

Sari, Febrina. 2018. Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Setiadi, Nugroho J. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Edisi Keti. Jakarta: Prenada Media.

Setiawan, Andriatma, and Arjuna Wiwaha. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Kelapa Gading Square.” E-Journal Widya Ekonomika 2, no. 1: 38–45.

Soemitra, Andri. 2008. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subarkah, Andi, Heri Tohari, Muhammad Kafiyanto, Hedi Fajar Rahadian, and Saefudin. 2012. Himpunan Al-Qur’an Dan Terjemah New Cordova. Bandung: Syaamil Quran.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Drs. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, Herry, and Khoerul Umam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Tjiptono, Fandy. 2011. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Edisi 5. Yogyakarta: Andi Offset.

———. 2020. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Wardana, Dwiyadi Surya. 2011. “Pengaruh Kepribadian Konsumen Pada Pilihan Merek Sebagai Konsep Diri Pada Kategori Produk.” Jurnal Ilmiah Aset 13, no. 1: 21–35.

Published
2021-12-19
How to Cite
Winanti, W., Bahri, S., Nurbaeti, A., & Novita, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah Di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera. EKSISBANK (Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan), 5(2), 273-298. https://doi.org/10.37726/ee.v5i2.172